Peningkatan Peran, Linmas Dilatih Wawasan Kebangsaan


CILACAP (wartamerdeka.info) – Sebagai upaya peningkatan peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas), dilakukan pelatihan dalam rangka pemberdayaan kegiatan pelatihan yang berlangsung di halaman balai desa Cilempuyang, kecamatan Cimanggu, Senin (29/7/2019).

Sertu Mulyono dan Sertu Carnoyo dari Koramil 14/ Cimanggu jajaran Kodim 0703/Cilacap ditunjuk sebagai pelatih. Pelatihan dan pemberdayaan dimulai pukul 08.00 wib yang diikuti oleh 20 orang anggota Linmas. Kegiatan ini juga dipantau oleh Danramil 14/Cimanggu Kapten CPM Agus Santoso, unsur Forkopimcam Cimanggu dan Perangkat Desa Cilempuyang.

Dalam kesempatan itu Sertu Mulyono memberikan pembekalan berupa materi wasbang. Ia mengatakan, Linmas merupakan satuan perlindungan masyarakat desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan. Jadi Linmas memiliki peran yang strategis dalam menjaga Kamtibmas diwilayah.

"Selain itu Linmas juga bertugas melaksanakan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam pemeliharaan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Sertu Carnoyo juga memberikan pembekalan latihan dasar PBB untuk melatih fisik dan sikap para peserta pelatihan agar tetap sehat dan mempunyai disiplin yang baik sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam kehidupan sehari hari.

Ia menegaskan, pelatihan Linmas sangat diperlukan guna mengasah kemampuan dalam memelihara dan meningkatkan kondisi serta tata tertib di kalangan masyarakat. Juga untuk membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang ditimbulkan oleh gangguan keamanan maupun bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa.

“Peran Linmas memang sangat diperlukan dalam membantu pihak keamanan dalam menciptakan situasi wilayah yang aman dan kondusif,” tegas Sertu Caryono.(gus)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama