Headline

Satgas TMMD Kodim 1405/Batanghari Wujudkan Impian Khusnin Sang Petani Karet

BATANGHARI (wartamerdeka.info) - Siapapun akan memimpikan memiliki rumah yang layak huni sebagai tempat bersama anak dan istrinya untu...

Produksi Gula Semut BUMDES Desa Gelaranyar Cianjur Tembus Pasar Eropa


CIANJUR (wartamerdeka.info) - Kepala Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur Jenal melihat prospek cerah dari produksi gula merah yang sudah lama djalankan setiap warga desanya.

Jenal pun berinisiatif mengkonversi jenis gula merah menjadi gula semut. Dan secara besar-besaran diproduksi oleh Badan Usaha milik Desa (BUMDES) Mugilancar yang didirikannya bersama warga desa lainnya.

Dari hari ke hari melalui  Badan Usaha milik Desa (BUMDES) Mugilancar, produksi gula semut dari industri rumahan (lokal)  ini semakin kuat, besar dan berhasil diekspor ke benua Eropa tepatnya negara Prancis.


"Tujuan kami menjadikan warga dari pola konsumtif menjadi produktif dengan menghasilkan kegiatan yang bermanfaat sekaligus meningkatkan derajat ekonomi warga desa kami, " sebut Jenal, saat ditemui Senin (8/7/2019).

Selain itu, tambag Jenal BUMDES bersama warga desa juga memproduksi minyak sereh, lengkuas serta produksi lainnya dengan kualitas SNI.

"Ini memberikan semangat para produsen rumahan lebih giat lagi dalam memproduksi kearifan lokal Desa Gelaranyar, " tambahnya. (Khoer)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Produksi Gula Semut BUMDES Desa Gelaranyar Cianjur Tembus Pasar Eropa"

Posting Komentar