Bakamla RI Sambut Kapal USCG Cutter Stratton


BATAM (wartamerdeka.info) - Kapal United States Coast Guard (USCG) Cutter Stratton berkunjung ke Indonesia dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomasi Indonesia - Amerika Serikat (AS), untuk bertemu dan menggelar latihan bersama Bakamla RI/IDNCG. Kapal tiba di Dermaga Utara Batu Ampar, Batam, Jumat (9/9/2019). 

Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandhago, S.E., M.M. bersama Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos. menyambut hangat Komandan USCGC Stratton Capt. Bob Little, dibarengi pengalungan bunga dan  alunan musik marching band SMKP Maritim Nasional serta adapula tarian penyambutan.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI/IDNCG Laksdya Bakamla A. Taufiq R. yang dibacakan oleh Laksma Bakamla Yeheskiel,  menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan kapal USCG Cutter Stratton untuk mengikuti Joint Exercise. Dikatakannya, bahwa latihan ini digelar untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, perlindungan maritim dan information sharing.

Dikatakan pula bahwa keamanan maritim di kawasan tidak bisa berjalan sendiri, butuh kerja sama dengan negara sahabat terutama antar coast guard.

"Oleh karena itu, momentum peringatan 70 tahun diplomasi Indonesia -  AS, dengan kedatangan kapal USCG ini dimanfaatkan pula dengan mengadakan latihan bersama antar coast guard dua negara", ujar Laksma Yeheskiel.

Adapun puncak latihan bersama yaitu boarding exercise yang akan digelar Minggu (11/8) dengan melibatkan kapal patroli terbesar Bakamla RI/IDNCG KN Tanjung Datu 301 dan Kapal USCG Cutter Stratton, di dermaga Batu Ampar.

Penyambutan kedatangan kapal USCG Cutter Stratton dihadiri tamu undangan dari berbagai instansi, antara lain Danlanal Batam dan perwakilan dari Binda, PSDKP, Guskamla, Basarnas, Polda, Polair, BC Batam, Imigrasi, Hubla, BP Batam, dan Syahbandar. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama