BREAKING NEWS

Bamsoet: Ancaman Ideologis Terhadap Pancasila Harus Dilawan

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan bahwa keberadaan kelompok intoleran di Indonesia bukanlah isapa...

Brigjen Pol Wahyu Widada Resmi Dilantik Jadi Kapolda Gorontalo Menggantikan Rachmad Fudail

Rachmad Fudail Dinilai Meninggalkan Jejak Membanggakan Di Gorontalo

Irjen Pol Rachmad Fudail (kiri) salam komando dengan Brigjen Pol Wahyu Widada

JAKARTA (wartamerdeka.info) -  Upacara serah terima jabatan Kapolda Gorontalo dari pejabat lama Irjen Pol Drs Rachmad Fudail MH kepada pejabat baru Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil yang dipimpin oleh Kapolri  Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSi telah berlangsung, di Wisma Bhayangkari Mabes Polri, Jumat (08/11/2019).

Dengan demikian mulai hari ini, Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil resmi menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Hal ini dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK.

"Tadi pagi di Mabes Polri tepatnya di Wisma Bhayangkari, tugas dan tanggung jawab jabatan Kapolda Gorontalo telah diserahterimakan dari Pejabat lama Irjen Pol Drs Rachmad Fudail MH kepada pejabat baru Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil, artinya mulai hari ini Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil telah resmi menyandang jabatan sebagai Kapolda Gorontalo,"kata Kabid Humas.

Kabid Humas mengatakan bahwa hari Minggu Kapolda Gorontalo yang baru akan tiba di Gorontalo untuk melaksanakan seluruh rangkaian pergantian jabatan Kapolda bersama pejabat sebelumnya.

"Rencana Kapolda Baru akan tiba di Gorontalo pada hari Minggu, untuk melaksanakan seluruh rangkaian sertijab Kapolda hingga hari Selasa, selanjutnya beliau akan kembali ke Jakarta untuk mengikuti Rakornas di Sentul Bogor yang digelar oleh Mendagri yang dihadiri oleh seluruh Kepala Daerah dan Forkopimda Propinsi Kabupaten/Kota,"ujar WTC, sapaan Kabid Humas.

Prosesi sertijab Kapolda Gorontalo di hadapan Kapolri berlangsung khidmad selama lebih kurang 20 menit.

Acara tersebut dihadiri oleh pejabat tinggi di lingkungan Mabes Polri.

Usai Sertijab dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Wahyu Widada oleh Pejabat Tinggi di lingkungan Mabes Polri.

Selain jabatan Kapolda Gorontalo yang diserahterimakan, berlangsung pula serah terima jabatan Ketua Bhayangkari Polda Gorontalo di tempat yang sama lantai II gedung Bhayangkari Mabes Polri.

Sedangkan Irjen Pol Rachmad Fudail, kini mengemban tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bid. Bindiklat Lemdiklat Polri.

Rachmad Fudail sendiri, tercatat  menjadi Kapolda Gorontalo pertama yang berpangkat dua bintang. Dan banyak meninggalkan jejak yang membanggakan dan bermanfaat bagi warga Gorontalo.

Menjabat Kapolda Gorontalo sejak 14 November 2016 dan akan pensiun bulan Desember 2019 nanti, Racmad Fudail dinilai sejumlah pihak telah menuai banyak prestasi.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, yang ditemui wartawan media ini, mengakui prestasi yang sudah  diukir Rachmad Fudail selama memimpin Polda Gorontalo.

“Prestasinya, yang pertama, bisa mengamankan Gorontalo. Sehingga Provinsi terbilang salah satu provinsibteraman di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, tambah Gubernur,  Rachmad Fudail berhasil membangun Sekolah Polisi Negara (SPN) bekerjasama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. 

Dan keberadaan SPN di Gorontalo itu telah membawa manfaat besar bagi warga Gorontalo. Selain, makin meningkatnya kuota warga Gorontalo yang bisa dididik menjadi polisi, keberadaan SPN juga telah meningkatkan perekonomian warga sekitar SPN yang berada di Kecamatan Batuda'a, Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo juga menyebut Rachmad Fudail memiliki sejumlah inovasi serta mampu menjaga kondisi keamanan yang kondusif.

"Beliau juga sangat komunikatif dengan berbagai kalangan di Gorontalo," ujarnya, saat ditemui wartawan media ini.

Hal itu membuat Rachmad Fudail dicintai masyarakat Gorontalo. Bahkan Rachmad Fudail juga tercatat sebagai peraih penghargaan adat tertinggi (Pulanga) "TI TULAI BALA LO MADALA" yang artinya "Pemimpin Keamanan Negeri Yang Inspiratif Sukses Membangun, Mnegakkan Ketertiban Dan Ketentraman Masyarakat".

"Gelar adat tertinggi ini baru pertama kalinya diberikan kepada orang yang bukan asli Gorontalo," ujarnya.

Bupati Nelson berharap, semoga Pak Kapolda yang baru bisa melanjutkan kondusivitas kamtibmas yang ada saat ini. (Ar)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Brigjen Pol Wahyu Widada Resmi Dilantik Jadi Kapolda Gorontalo Menggantikan Rachmad Fudail"

Posting Komentar