Wabup OKU : Ketahanan Pangan Sulit Tercapai Apabila Peran Serta Masyarakat Tidak Dilibatkan


OKU (wartamerdeka.info) - Wabup OKU Drs Johan Anuar SH MM membuka Rakor Dewan  Ketahanan Pangan Tingkat Kabupaten OKU. Acara berlangsung di Hotel Musas Baturaja, Selasa (10/12/2019).

Hadir pada acara ini Asisten, Staf Ahli, DKP Sumsel, Perguruan Tinggi, OPD, Kabag, Camat, dan undangan lainnya.

"Rapat koordinasi ini diharapkan semakin memantapkan langkah-langkah pemerintah daerah dan masyarakat guna memperkuat kejayaan pangan dan pengembangan sentra-sentra produksi komoditas dengan mewujudkan Kabupaten OKU, sebagai salah satu daerah swasembada pangan di Provinsi Sumatera Selatan,"  Wabup OKU Johan Anuar saat membuka rakor tersebut.

Wabup OKU mengatakan, potensi alam bumi Sebimbing Sekundang ini sangat melimpah baik berupa ketersediaan lahan, sumber daya air, serta aspek iklim dan cuaca yang cocok untuk bidang agronomi.

Pada kesempatan ini Wabup menghimbau dan mengintruksikan agar hasil rapat segera ditindaklanjuti dengan rumusan kebijakan daerah yang dapat menunjang tercapainya ketahanan pangan di daerah secara signifikan.

Selain itu peran serta masyarakat  sangat diharapkan, karena penyelenggaraan ketahanan pangan sulit tercapai apabila masyarakat tidak dilibatkan dalam mengarahkan program-program peningkatan ketersediaan pangan dan pengaturan distribusi pangan.

Khususnya pelaku produksi komoditi pangan, pelaku bisnis, dan para pembina ketahanan pangan yakni perguruan tinggi dan lembaga - lembaga pemerhati  pembangunan bidang pertanian.

Wabup berharap rapat koordinasi ini dapat menjadi media atau wadah kerjasama dan kesatuan gerak langkah jajaran pemerintah daerah dengan masyarakat dalam membangun ketahanan pangan di Kab OKU.

Di akhir sambutannya Wabup Johan Anuar menegaskan rapat ini dapat  mensinergikan komitmen peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program - program pembangunan daerah yang tepat sasaran dan berpihak pada kepentingan masyarakat termasuk bidang ketahanan pangan.

Semenrara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU Ir Supriyono MSi mengatakan rapat ini dapat menjadi salah satu upaya yang dapat berkontribusi pada upaya perwujudan ketahanan pangan  yang merupakan salah satu agenda kerja Kabupaten OKU.

Melalui rapat ini juga diharapkan masalah - masalah kerawanan pangan di Kabupaten OKU dapat teratasi, sehingga dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten OKU.

Rapat koordinasi dewan ketahanan pangan tahun ini mengangkat tema "Penurunan Kemiskinan OKU Melalui Penguatan Ketahanan Pangan Menuju SDM Unggul".  (Maret)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama