Kejaksaan Agung-MA Berkolaborasi Kembangkan SDM Jaksa Dan Hakim

Suasana kunjungan tim MA ke  Diklat Kejagung.

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Badan Diklat Kejaksaan Agung bekerja sama  dengan Pusdiklat MA, kembangkan SDM Jaksa dan Hakim berintegritas.

Kerjasama ini dilandasi pemikiran masih adanya   oknum Hakim dan Jaksa yang melakukan hal yang kurang terpuji seperti terlibat dalam tindak pidana. Hal yang seperti demikian dapat menurunkan tingkat Kepercayaan masyarakat pencari keadilan terhadap aparat penegak hukum. Khususnya bagi Hakim dan Jaksa.  Oleh karena itu pengembangan sumber daya manusia pada kedua instansi ditingkatkan.

Dijelaskan Kepala Badan Diklat (Kabandiklat) Kejaksaan Agung, Dr. Setia Untung Arimuladi, keinginan Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia Indonesia unggul dan berintegritas merupakan tantangan bagi Badan Diklat yang ada termasuk badan Diklat Kejaksaan dan juga Pusdiklat Mahkamah Agung.

"Badan Diklat Kejaksaan RI telah mendapatkan  WBK dan WBBM ( Wilayah Bebas dari Korupsi) dan ( Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Itu bagi kami merupakan suatu tantangan karena WBK dan WBBM sangat berat hingga harus kita bangun  secara konsisten  dan komitmen. Apalagi pak  Presiden memprogramkan  bagaimana  menciptakan sumber daya manusia unggul  dan ini badan Diklat sebagai  tempat kawah candradimuka  khususnya para jaksa   sumber daya manusia  kejaksaan  yah kita harus   mengikuti arah kebutuhan jaman," kata Untung kepada wartawan usai pertemuan dengan kapusdiklat teknis Mahkamah Agung di Gedung Balai Diklat Ragunan, Jakarta, Rabu (22/1).

Dijelaskan Setia Untung Arimuladi, pengembangan sumber daya manusia unggul tidak hanya sebatas pada kemampuan intekektual  tapi juga memiliki integritas yang baik sehingga tidak  akan muda tergoda  untuk melakukan perbuatan tercela apalagi melakukan tindakan pidana.

"Hal yang sangat penting  pada dunia pendidikan dan pelatihan. Harus dilakukan secara iklas dan bernilai ibadah dalam menumbuhkan integritas para peserta didik dan pelatihan. Kami sediakan fasilitas masjid, menyedikan pendeta.  Saya juga  sering menekankan  bagaimana membangun konsistensi  dan komitmen agar  kita tidak melakukan pelanggaran.  Kita siapkan kantin kejujuran, kita test  mereka apa jujur dalam membeli  sesuatu yang dia inginkan membayar dan mengambil uang kembali sendiri. Itu salah satu bentuk bentuk membangun integritas," jelasnya.

Sedangkan  Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Mahkamah Agung, Bambang Heri Mulyono  menyatakan, kunjungannya ke Badan Diklat Kejaksaan ingin mendapatkan  pengetahuan tentang pengelolaan pendidikan dan pelatihan.

"Kami dari rombongan pusdiklat teknis peradilan Mahkamah Agung ingin belajar dari Badan Diklat Kejaksaan Agung untuk melihat secara nyata  fasiltasnya apa aplikasi aplikasinya sehingga saling  sharing antar lembaga penegakan hukum untuk neningkatkan potensi dan kapasitas dari aparat penegak hukum khususnya para hakim," ucapnya,

Lebih lanjut Bambang Heri Mulyono menambahkan  kunjungan rombongan pusdiklat teknis Mahkamah Agung merupakan langkah awal kerja sama dengan badan Diklat Kejaksaan agung dalam meningkatkan SDM aparat penegak hukum

"Kerja sama ini merupakan upaya pembelajaran bagi kami supaya peserta didik  bisa menerapkan sikap dan prilaku yang baik  yang utama kalau ilmu bisa kita tambahkan tapi kalau prilaku  integritas harus kita bentuk ya saya sangat beruntung dapat mengunjungi Badiklat Kejaksaan Agung," tutupnya. (DM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama