Covid-19 Pamit, Siap Pergi


Renungan Andi Hasdullah 
(Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup Prov Sulsel)

Hari Minggu subuh  (29/03/2020) saya keluar di teras rumah. Dalam suasana hening saya seakan mendengar perbincangan coronavirus diantara mareka dengan bahasanya sendiri dan berkata kami covid-19 sudah ingin pamitan pergi menjauh dan tidak lagi mengganggu hidup manusia. Tapi kami ada satu permintaan kalian manusia wajib mengisolasi diri selama 14 hari saja dan kami ingin kalian menjadikan peristiwa ini sebagai peringatan bagi kalian manusia untuk taat melaksanakan perintah Tuhan YME dan  menghindari segala apa yang dilarang-Nya

Seakan tak percaya tapi perbincangan dalam rapat coronavirus itu berkesimpulan untuk pamit berlalu dan tak menganggu manusia lagi tapi sekali lagi syaratnya isolasi diri manusia, seakan terjadi perdebatan diantara mereka berapa lama isolasi mandiri itu, akhirnya mareka putuskan cukup 14 hari saja.

Lalu dalam diskusi mareka covid 19 itu ada di antara mrreka yang bertanya apakah bisa dipercepat dari 14 hari. Itu terlalu lama untuk manusia yang banyak diantara mereka tidak sabar menunggu, yakni manusia yang egois, yang tidak mau menerima saran.

Banyak manusia yang sombong dan bahkan merasa dirinya pintar dan berkuasa penuh akan tetapi secara aklamasi covid-19 dalam rapat akbar itu tidak mentoleransi bahwa isolasi diri manusia minimal 14 hari lamanya.

Lalu ada lagi diantara mereka bertanya apakah bisa kita memberikan kompromi kepada banyak manusia yang banyak tak disiplin, yang lalai, yang selalu memandang enteng atas persoalan yang serius. Akan tetapi rupabya covid-19 sudah bersih kukuh atas segala keputusannya.

Mereka, covid-19 sepertinya sudah berkomitmen segera pamitan pergi menjauh dan tak akan kembali jikalau permintaan isolasinya dipenuhi.

Semoga request gerombolan covid-19 bisa menjadi bahan pertimbangan manusia dan dunia saat ini dimana trend positip terpapar corona masih mengalami peningkatan yang kita belum bisa pastikan kapan semuanya ini akan berakhir. salamaki

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama