Pemkab Purwakarta Lakukan Disinfeksi Serentak Areal Publik Di Wilayah Kecamatan Kota


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info)  - Melibatkan unsur Organisasi Perangkat Daerah, unsur Kecamatan dan unsur Desa, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di areal publik yang ada di wilayah Kec Purwakarta Kota, Sabtu (28/3/2020).

Dalam  keterangan persnya, Camat Purwakarta Kota sebagai penanggung jawab kegiatan, Dodih Hamdani mengatakan, pihaknya menyadari sepenuhnya bahwa penduduk di Kecamatam Purwakarta intensitas bermigrasinya sangat tinggi

"Artinya pergerakan penduduk dari Purwakarta ke Wilayah zona merah sangat banyak. Dan ini harus diantisipasi," kata Dodih.

Menurut Dodih, kegiatan penyemprotan di wilayahnya sudah dilakukan beberapa kali sejak awal Maret lalu dan dilakukan di titik-titik yang dianggap rentan penyebaran Virus Corona

"Kami juga mengapresiasi peran serta masyarakat dalam penanggulangan Covid-19 ini. Setelah saya turun langsung ke lapangan, ternyata banyak masyarakat berswadaya, ketua RT ketua RW serta kelurahan, sudah mandiri melakukan penyemprotan ini," tutur Dodih.

Lebih jauh Camat menjelaskan, sebelumnya masyarakat di perkotaan juga telah banyak mendapatkan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan penyebaran virus ini dari Pemerintah Pusat dan Daerah melalui media televisi, digital, media sosial maupun portal berita lainnya.


"Media ini sangat berperan, dan masif memberikan informasi wabah Covid-19 ini. Sehingga timbul pikiran dimasyarakat  Purwakrta bagaimana cara melindungi diri ditengah penyebaran pandemi Virus Covid - 19 ini," jelas Camat Dodih.

Camat Dodih juga memaparkan,  langkah lain yang dilakukan jajarannya adalah memfungsikan posko-posko dari lingkungan RW yang bekerjasama dengan Puskesmas untuk melakukan pemantauan pergerakan masyarakat seperti yang terjadi di rusunawa kel Ciseureuh.

"Selain melakukan disinfeksi kita juga mengawasi situasi di rusun itu. Ada 300 KK yang memang intensitas penghunimya sering hilir mudik dari dan keluar kota Sehingga nanti akan dicatat siapa saja yang bekerja di luar kota dan akan kita himbau kepada keluargamya agar tidak dulu pulang sebelum mereka dinyatakan bebas atau negatif Covid-19. Jikapun harus pulang hendaknya mereka melakukan pemeriksaan kesehatan ke faskes terdekat," pungkas Camat Dodih.(A.Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama