Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Upaya Penyidik Mengumpulkan Bukti Kasus Importasi Tekstil, Tujuh Lagi Saksi Diperiksa


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hari ini, Selasa 30 Juni 2020 Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung RI, kembali melaksanakan pemeriksaan 7 (tujuh) orang saksi yang terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Importasi Tekstil pada Direktorat Jendral (Dirjen) Bea dan Cukai Tahun 2018 s/d 2020.

Saksi yang hari ini diperiksa di Gedung Bundar Jampidsus Kejagung RI, menurut Kapuspenkum Kejagung RI, Hari Setiyono, SH, MH, yaitu :

1. Susila Brata selaku Kepala Kantor KPU BC Batam

2. Yosef  Hendriyansah  selaku Kabid PFPC 1 KPU BC Batam

3. Mohammad Munif, SE, MM selaku Kabid P2 pada KPU BC Batam

4. Arif Setiawan, SE, selaku Kepala Seksi Intelijen II KPU BC Batam Anugrah

5. Ramadhan Utama  selaku Pemeriksa Barang pada KPU BC Batam.

6. Randuk Marito Siregar, S.Ak selaku Pemeriksa Barang pada KPU BC Batam

7. Robert selaku  Direktur PT Ciptagria Mutiarabusana.

Pemeriksaan saksi tersebut dilakukan guna mencari serta mengumpulkan bukti tentang tata laksana proses importasi barang dari luar negeri khususnya untuk tekstil yang mempunyai pengecuali tertentu dengan barang importasi lainnya.

Dari sederet nama yang diperiksa, dua saksi diantaranya pejabat tinggi Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Batam, Kepulauan Riau, pada awal penyidikan, rumah dinasnya di Batam pernah digeledah tim penyidik Pidsus Kejagung dan disita tiga buah hand phone dan satu buah flasdisk.

Tercatat rumah dinas yang digebeg  yaitu rumah Kepala KPU Bea Cukai Batam Susila Brata dan Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) KPU Bea Cukai Batam Mohammad Munif.

Pemeriksaan para saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid 19, antara lain dilaksanakan dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan Penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap serta bagi para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan. (dm)

Posting Komentar untuk "Upaya Penyidik Mengumpulkan Bukti Kasus Importasi Tekstil, Tujuh Lagi Saksi Diperiksa"