Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Asia Cargo Network Perluas Investasi Dan Bisnis Di Indonesia


SINGAPURA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo sekaligus Kepala Badan Polhukam Kamar Dagang & Industri (KADIN) Indonesia mendorong Asia Cargo Network yang bergerak dalam charter kargo udara di Asia Tenggara, perluas investasi dan bisnis di Indonesia. 

Asia Cargo Network merupakan perusahaan internasional yang bergerak di layanan pesawat kargo, penyewaan pesawat dan penerbangan serta layanan logistik kargo udara yang terintegrasi ke berbagai perusahaan kurir di dunia, perusahaan pos dan penjelajah sumber daya alam, perusahaan pengeboran minyak, maskapai penerbangan, dan pengiriman barang dari seluruh dunia.

"Saat ini Asia Cargo Network yang berdiri sejak tahun 1970, memiliki tiga armada penerbangan kargo yaitu Asia Cargo Airlines, RGA-Black Stone Airlines dan World Cargo Airlines ini memiliki 15 armada pesawat pengangkutan Boeing yang mampu mengirim sekitar 200.000 ton kargo setiap tahunnya. Memiliki kantor pusat di Indonesia, Singapura dan Malaysia, Asia Cargo Network melayani 54 rute kargo udara melintasi Asia-Pasifik, termasuk Cina dan Amerika Serikat," ujar Bamsoet usai mengunjungi dua kantor pusat Asia Cargo Network Singapura dan Malaysia yang terletak di Asia Square kawasan Marina Bay, Singapura dan di Wisma UOA kawasan KLCC Twin Tower Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (18/7/2022).

Hadir antara lain CEO Asia Cargo Network Group Marco Isaak serta CEO Asia Cargo Network Singapore dan Indonesia Capt. Zack Isaak dan CEO Asia Cargo Network Malaysia Iman Isaak.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan bahwa selain bisnis penerbangan kargo, Asia Cargo Network (ACN) di Indonesia melalui PT ACN Aero Teknik telah memperluas investasi di sektor pemeliharaan pesawat berbagai merek dan tipe pesawat terpadu untuk kawasan Asia di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Majalengka Jawa Barat. Selain itu, Asia Cargo Network melalui RGA-Black Stone Airlines juga akan mengoperasikan penerbangan angkutan penumpang pemberangkatan jamaah umroh dan haji dari BIJB. Menyiapkan empat pesawat Airbus A330 Wide Body. 

Potensinya sangat besar, mengingat Indonesia masih menjadi penyumbang terbesar jemaah haji dunia, mencapai 221 ribu orang dengan perputaran uang setiap tahunnya mencapai Rp 15,4 triliun. Sebanyak 39 ribu orang jamaah haji tersebut berasal dari Jawa Barat, terbesar se-Indonesia.

"Penandatanganan Perjanjian Kerjasama telah dilakukan dengan BIJB pada tanggal 3 Maret 2022. Melalui perjanjian kerjasama tersebut, selain membangun Kertajati Aircraft Maintenance untuk kawasan Asia di dalam kawasan BIJB, ACN juga akan membangun Kertajati One Stop Experience Facility di dalam kawasan terminal BIJB dengan mengembangkan tiga lantai terminal BIJB. Di lantai 1 akan dibangun kawasan foodcourt yang menyajikan berbagai kuliner serta produk kerajinan dari UMKM lokal Majalengka dan wilayah sekitar BIJB. Di lantai 2 akan dibangun hotel transit bintang 3 dengan kapasitas 50 kamar, serta di lantai 3 akan dibangun exhibition hall untuk menyelenggarakan berbagai acara dan pertunjukan. Keberadaannya akan memperkuat berbagai fasilitas yang telah dimiliki BIJB. Sehingga bisa semakin menghidupkan aktivitas bandara agar tidak mati suri. Sekaligus memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat," ujar Bamsoet

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM dan Keamanan ini menjelaskan, Asia Cargo Network di Indonesia saat ini telah mengoperasikan RGA-Black Stones Airlines yang melayani penerbangan kargo dalam negeri dan luar negeri. Diluncurkan pada 28 Maret 2022, RGA-Black Stone Airlines merupakan maskapai penerbangan yang menyediakan layanan kargo udara dan dijadwalkan untuk berekspansi ke layanan penumpang internasional pada kuartal ketiga tahun 2022.

"RGA-Black Stone Airlines melayani rute baik di seluruh Indonesia dan internasional. Saat ini Black Stones Airways memiliki dua unit pesawat Boeing 737-300 Freighter. Berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Jakarta, penerbangan menuju Bandara Internasional El Tari, kemudian Bandara Internasional Komodo," kata Bamsoet.   

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menuturkan, RGA-Black Stone Airlines menutup celah di pasar domestik Indonesia dengan memberikan solusi untuk kebutuhan transportasi kargo udara lokal. Selain itu, RGA-Black Stone Airlines berencana melebarkan sayapnya ke rute penerbangan penumpang ke Arab Saudi melakukan ibadah umrah dan haji pada kuartal III 2022. Operasi tersebut akan dilakukan dengan menggunakan empat unit pesawat penumpang Airbus A330 Wide Body.

"Kehadiran RGA-Black Stone Airlines menjadi bagian dari pemulihan kebangkitan dan semangat optimisme pasca lesunya industri penerbangan nasional karena terdampak pandemi Covid-19. Semangat kebangkitan ini selaras dengan tema yang disuarakan oleh Presiden Jokowi dalam Presidensi Indonesia pada G20, yaitu recover together, recover stronger," pungkas Bamsoet. (*)

Posting Komentar untuk "Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Asia Cargo Network Perluas Investasi Dan Bisnis Di Indonesia"