Berduka Atas Wafatnya BJ Habibie, Menlu: Perwakilan Indonesia Di Luar Negeri Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 
JAKARTA (wartamerdeka.info) - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa perwakilan Indonesia di negara lain akan turut mengibarkan bendera setengah tiang.

Pengibaran bendera setengah tiang dilakukan dalam rangka memperingati wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Untuk perwakilan kita di luar negeri kita akan mengibarkan bendera setengah tiang," kata Retno saat melayat ke rumah duka Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (11/9/2019).

Selain itu, perwakilan Indonesia di luar negeri juga akan menyediakan buku duka cita untuk tiga hari kerja.

"Kami akan membuka buku duka cita, buku condolences, untuk tiga hari kerja. Semua perwakilan Republik Indonesia di luar," kata dia.

Dalam pandangan Retno, Habibie adalah seorang negarawan, bapak bangsa, yang cerdas.

Menurut dia, berbincang dengan Habibie akan meningkatkan semangat seseorang.

"Kalau bicara dengan beliau semangat kita jadi naik karena gaya bicara beliau sangat khas dan beliau jadi inspirasi bagi kita semua, termasuk anak muda Indonesia," kata Retno.

Pemerintah telah menetapkan waktu berkabung nasional selama tiga hari hingga 14 September mendatang.

Selain itu, pemerintah juga mengimbau pimpinan lembaga pemerintah untuk mengibarkan bendera setengah tiang selama masa berkabung nasional.

Sebelumnya, Putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, mengonfirmasi meninggalnya sang ayah.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama