TMMD Ke-106 Kodim 0404/Muara Enim Resmi Dibuka


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) - Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 106, tahun 2019 Kodim 0404/Muara Enim resmi dibuka, ditandai dengan upacara yang dipimpin langsung Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH, di halaman  SMP Negeri 01 Desa Beringin,  Kecamatan Lubai, Rabu (02/10/2019).

Upacara pembukaan TMMD ke 106 dihadiri Kapendam ll Swj Kol Inf Djohan, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Syafruddin, Pelaksana Harian Kepala Staf Korem Plh Kasrem 0404/Gapo Letkol Inf Imam Priharsoh SH. MH, Danyon Yonif 141/AYJP, Polres Muara Enim, BUMN, Dis Hub, Sat Pol PP, Damkar serta para undangan lainnya

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam sambutannya, mengatakan,  kegiatan TMMD ke-106 ini  berlangsung selama 30 hari dimulai tanggal 2 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2019.

"Ini merupakan program operasi bakti TNI yang bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam pelaksanaan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bakti sosial kemasyarakatan dalam rangka membantu otoritas sipil untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui, tambahnya, bahwa program TMMD ini dilaksanakan melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah sasaran dengan menggunakan sistem perencanaan dari bawah sistem yang dilaksanakan secara komprehensif dan integral.


Kegiatan TMMD ini melibatkan semua unsur yang terkait mulai dari tingkat desa atau kelurahan. Sedangkan sasaran-sasaran yang dipilih berdasarkan skala prioritas diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah dibahas dengan DPRD untuk disahkan menjadi program pembangunan daerah yang dimuat dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD.

Program TMMD secara terpadu memasukkan program masing-masing dinas atau instansi yang meliputi 2 bidang yaitu program pembangunan fisik dan program non fisik

Program pembangunan fisik berupa pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial serta pembangunan lingkup pemukiman masyarakat di lokasi sasaran

Kegiatan TMMD ini menggunakan Anggaran Sewakelola Pemda Kabupaten Muara Enim dengan Sasaran Fisik pembukaan jalan 4 KM lebar 10 M, pembuatan Plat Dueker 6 Unit, Pembuatan jembatan sepanjang 50 M, pembuatan Mushola 1 unit, Rehab total rumah penduduk 3 unit, Rehab ringan rumah penduduk 5 unit, pembuatan pos kamling 6 unit.

Sedangkan untuk Sasaran Non Fisik dengan Penyuluhan agama, penyuluhan narkoba, penyuluhan sosialisasi bela negara, Penyuluhan pelayanan Capil dan kependudukan, Penyuluhan Sosialisasi ketahanan pangan, Penyuluhan sosialisasi kesehatan masal, Penyuluhan pelayanan KB, Sosialisasi Budi daya pertenakan, Penyuluhan sosialisasi peremajaan karet rakyat, dan Pemutaran film.

"Kegiatan TMMD ini  bertujuan membantu Pemda Kabupaten Muara Enim dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan baik Sasaran Fisik mau pun Non Fisik dan memantapkan kemanggulan TNI Rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang Juang Kondisi Juang yang tangguh khususnya di Desa Beringin Kecamatan Lubai Kabupaten Muara Enim," ucap Juarsah.

Sedangkan Kapendam ll Swj Kol Inf Djohan menyampaikan kegiatan TMMD ini, yang dulunya 2 kali  setahun sekarang 3 kali di tahun 2019 ini.

Di Kodam ll ada 5 daerah yang melaksanakan TMMD, yaitu Banyuasin, Muara Enim, Belitung, Bengkulu Selatan, dan Lampung Barat

Dikatakan, komando kewilayahan juga mendata di mana sektor yang perlu dimajukan di wilayahnya.

"Hari ini kita bisa melihat ada saudara kita yang mungkin kurang mampu kita bangunkan rumah, jembatan,  dan  macam-macam keterampilan,  juga kegiatan non fisik seperti penyuluhan bela negara," tuturny.  (Agus v)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama