BREAKING NEWS

Pasien COVID-19 Yang Sembuh Makin Meningkat, Seorang Pasien Positif Corona Di Sulsel Berbagi Cerita Kesembuhannya

MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Pasien Corona (Covid-19) yang sembuh makin meningkat. Bagaimana mereka ini bisa sembuh? Seorang pasien po...

Pemkab Muara Enim Bentuk Tim Terpadu Pencegahan Virus Corona


MUARA ENIM (wartamerdeka.info) -Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, H. Hasanudin, didampingi Asisten II, Amrullah Jamaluddin, dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Hj. Siti Herawati emimpin rapat pencegahan penularan Virus Corona yang mewabah di seluruh dunia, bertempat di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya Kantor Bappeda Muara Enim, Jum'at (31/01/2020).

Penyebaran virus Corona yang menyebar begitu cepat. Ada kurang lebih 12 ribu penduduk dunia yang terinfeksi virus Corona.  Informasi yang dihimpun, virus sudah menyebar ke beebagai negara, termasuk negara Amerika, dan Eropa lainnya.

Menurut informasi yang beredar penyebaran virus berasal dari Kota Wuhan, Hubei, China, yang sampai sekarang sudah memakan korban jiwa sebanyak 80 orang, dan 12 ribu diindikasi terjangkit virus tersebut.

Pemerintah Kabupaten Muara Enim, bertindak cepat dalam mengantisipasi terjangkitnya virus Corona. Pada arahannya, Sekda Muara Enim mengatakan terkait tenaga kerja asing yang masuk RSUD rabain kemarin, ternyata itu hanya terkena demam berdarah, bukan virus Corona.

"Jangan menyebarkan berita yang tidak benar, tidak semua yang terjangkit flu dan batuk  tertular virus Corona, apalagi Warga Negara Asing (WNA) yang berasal dari China terkena sakit, belum tentu terjaring virus Corona, butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memutuskan apakah benar terjangkit virus atau tidak," ujarnya.

Pemkab Muara Enim, ujar Sekda, selalu memantau  perkembangan WNA yang masuk ke Kabupaten Muara Enim.

"Langkah strategis Pemkab Muara Enim mengantisipasi penyebaran virus tersebut, dengan membentuk tim khusus pencegahan virus Corona secepatnya," kata Sekda.

Di Kabupaten Muara Enim sebagian besar WNA yang bekerja, sedang berlibur di China, untuk mengantisipasi bersama, bulan februari mereka pulang ke Kabupaten kita, dan bekerja. Diharapkan untuk tim petugas khusus dari imigrasi selalu memantau perkembangan WNA kembali ke Kabupaten kita.

Lanjutnya, langkah strategis Pemkab Muara Enim melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sudah mengirim surat ke semua perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing, supaya selalu mengontrol pegawainya, jangan sampai pembangunan yang sedang berjalan di Kabupaten Muara Enim terganggu, apa yang menjadi tolak ukur utama perkembangan yang terjadi pada WNA yang keluar masuk dan berlibur di China.

Sekda menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim, untuk tahap awal pencegahan diwajibkan untuk memakai masker setiap beraktivitas di luar rumah. Dan setiap bulannya harus ada laporan ke Gubernur Sumsel, sesuai surat edaran Pertanggal tanggal 30 Januari 2020 kemarin, harus di tindak lanjuti, dan jangan dianggap sepele.

Sementara itu, Dinas Kesehatan sudah mengantisipasi dengan mengirimkan surat kepada seluruh Puskesmas, untuk mengambil kesiapsiagaan yang terjadi di wilayah kerja masing-masing.

"Lakukan deteksi dini, cek riwayat perjalanan ke negara terjangkit, serta menjelaskan cara pencegahannya, dengan rajin mencuci tangan dan menggunakan masker. Jika ada gejala yang terjangkit segeralah periksakan ke Puskesmas terdekat," pungkasnya (Agus v)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkab Muara Enim Bentuk Tim Terpadu Pencegahan Virus Corona"

Posting Komentar