Keterkaitan Direktur PT Top Star Plastik Dalam Korupsi Pengadaan Alsintan Disidik Kejagung

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono, SH, MH

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Bos PT Top Star Plastik, Teddy Hidayat, diperiksa di Kejagung terkait dugaan korupsi pengadaan alat mesin pertanian (alsintan).

Teddy Hidayat yang menjabat Direktur PT Top Star Plastik dianggap gagal sebagai penyedia barang  dalam kasus korupsi alat pertanian ini.

Tegasnya, dia, yang diperiksa sebagai saksi pada Selasa (9/6/2020) berkaitan dengan proses pengadaan alat mesin pertanian yang dianggap gagal. Namun statusnya masih saksi sebagai pihak penyedia barang pengadaan alsintan.

Selain itu, Teddy dianggap mengetahui tentang proses pengadaan barang tersebut.
Karena itu Tim Jaksa Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI, melakukan pemeriksaan.

Menurut Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono, SH, MH, di Jakarta, hanya satu orang saksi yang diperiksa.

Fokus pemeriksaan Teddy, tambah Hari,  terkait dengan perkara tindak pidana korupsi dalam pengadaan alsintan pada Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) Tahun Anggaran 2015.

Sebagaimana diketahui pada awal tahun 2019 telah dimulai proses penyidikan perkara pengadaan alat mesin pertanian diantaranya traktor roda dua, traktor roda empat, rice transplanter, seeding tray dan pompa air untuk peningkatan produksi padi tahun 2015.

Saksi sebagai pihak penyedia barang pengadaan alsintan dianggap mengetahui tentang proses pengadaan barang tersebut. Dimana berdasarkan keterangan saksi dapat digunakan untuk jadi alat bukti guna dimintakan pertanggung-jawaban atas kerugian keuangan negara dalam pengadaan alsintan pada Kementan RI.

Pemeriksaan saksi dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan tentang pencegahan penularan Covid 19, antara lain dengan memperhatikan jarak aman antara saksi dengan Penyidik yang sudah menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap serta bagi para saksi wajib mengenakan masker dan selalu mencuci tangan menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah pemeriksaan.(dm)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama