Sambut Sukacita Natal, Warga Kampung Gambut Bersama Satgas Yonif MR 413 Kostrad Gelar Acara Bakar Batu


JAYAPURA (wartamerdeka.info)  - Dalam menyambut sukacita perayaan hari Natal 2020, warga Kampung Gambut Distrik Muara Tami Kota Jayapura bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Bendungan Tami menggelar acara Bakar Batu.

Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 413 Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. dalam konfirmasinya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Papua, Jumat (25/12/2020) menyampaikan bahwa acara yang digelar sehari sebelum perayaan Natal ini disambut sukacita dan penuh kedamaian oleh para penduduk Kampung Gambut. 

"Ya, acara Bakar Batu itu ditujukan dalam rangka menyambut sukacita perayaan Natal. Salah satu Pos jajaran Satgas Yonif MR 413 Kostrad yaitu Pos Bendungan Tami juga turut dalam memeriahkan acara tersebut," kata Mayor Anggun.

Seperti yang diketahui, bahwa acara Bakar Batu merupakan suatu tradisi penting di Papua yang berupa ritual memasak bersama-sama dengan tujuan bersyukur, bersilaturahim, dan menyambut hari besar termasuk salah satu diantaranya Perayaan Natal. 

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk toleransi antar umat beragama dan kami selaku penjaga Perbatasan RI-PNG di wilayah Kampung Gambut turut larut dalam sukacita yang mereka rasakan," tambah Dansatgas.

Sementara itu dibeberkan oleh Letda Inf Bayu Dwigantara selaku Komandan Pos Bendungan Tami tentang bahan pokok makanan di acara Bakar Batu tersebut. Setidaknya terdapat 5 ekor Babi, puluhan kilo sayur dan umbi-umbian. "Ini terbilang mewah dan termasuk acara besar yang biasanya digelar dalam acara Bakar Batu," ucapnya.

Selaku tokoh masyarakat Kampung Gambut yang juga sebagai penyelenggara acara Bakar Batu, Yalimo Kogoya (56) menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 413 Kostrad yang turut berpartisipasi dalam acaranya. "Terima kasih atas bantuan Satgas, semoga dalam perayaan Natal ini, kita semua senantiasa diberikan kedamaian dan kasih," ujarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama