Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Asisten Ekbang Setda Barru Buka Sosialisasi JKN-KIS

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Barru,  Abdul Rahim, S. Ip. M, Si  membuka Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Baruga Singkerru Adae Rumah Jabatan Bupati Barru,  Jumat (01/10/2021).

Dalam sambutannya, Abdul Rahim menyampaikan terima kasih kepada BPJS dan Anggota Komisi IV DPR. RI atas prakarsanya sehingga sosialisasi ini dapat terlaksana.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala BPJS Parepare Natalia Panggelo SKM. MM. AAK., Anggota DPRD Barru fraksi NasDem Syahrul Ramdhani, Asisten Bagian Ekonomi dan Pembangunan Abd. Rahim S.IP., Pengurus PKK Barru, Camat Tanete Rilau Akmaluddin S.STP. M.Si., Camat Balusu Andi Ika Syamsualam S.STP. M.Si., para Kades dan Kadus dari Kecamatan Tanete Rilau dan Balusu.

Dalam sambutannya, Anggota DPR RI drg. Hj. Hasnah Syam, MARS menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai wujud kemitraan anggota DPR RI bersama BPJS Kesehatan demi kemaslahatan orang banyak.

Menurutnya, Sosialisasi program JKN-KIS memang harus terus dilakukan agar masyarakat memahami. Dengan sosialisasi, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan program JKN-KIS.

“Agar seluruh masyarakat terjamin kesehatannya sesuai dengan amanat Undang-Undang, pemerintah menghadirkan Program JKN-KIS dan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara. Atas hal ini, masyarakat jangan takut untuk menjadi peserta, karena iuran dapat ditanggung oleh pemerintah pada segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan bagi masyarakat yang mampu dapat membayar secara mandiri,” kata Hasnah Syam yang juga Ketua PKK Barru.

Isteri Bupati Barru ini menambahkan, Indonesia terus upayakan capai cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC). 

"Cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan. Untuk Kabupaten Barru sendiri sudah mencapai 98 persen capaian UHC", ungkapnya.

Selain mengsosialisasikan Program JKN-KIS, Hasnah Syam juga mengajak masyarakat untuk dapat melakukan vaksinasi Covid-19 dan terus menjaga protokol kesehatan.

“Kita membantu semaksimal mungkin agar Kab. Barru segera mencapai health immunity dengan mencapai 70 persen masyarakat yang telah menjalani vaksinasi Covid-19. Kita berharap jika bisa mencapai 70 persen divaksin, kita bisa mewujudkan masyarakat untuk hidup normal," pungkasnya.

Sebelumnya, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Abd. Rahim S.IP., yang mewakili Bupati Barru dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Anggota DPR RI Hasnah Syam yang telah menginisiasi sosialisasi ini.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Barru, kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada ibu Hasnah Syam berkat inisiasianya mengadakan sosialisasi JKN-KIS di Kabupaten Barru,"pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare Natalia Panggelo menjelaskan bahwa sosialisasi program JKN-KIS ini perlu dilakukan agar semua kalangan masyarakat memahami maksud dan tujuan mengapa harus menjadi peserta dari Program JKN-KIS.

Dalam pemaparannya, dirinya menyampaikan, dengan menjadi peserta program JKN-KIS, maka setiap peserta yang sehat akan bergotong royong membantu peserta yang sakit. Apabila taat membayar iuran tepat waktu dan menjaga kesehatan, maka dalam diri tiap-tiap orang tertanam rasa kepedulian terhadap sesama terutama yang mendapat musibah berupa sakit.

(hms/Syam)

Posting Komentar untuk "Asisten Ekbang Setda Barru Buka Sosialisasi JKN-KIS"