Perolehan Bulan Dana PMI Jaksel Tak Capai Target

Keterangan Foto: Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso, Ketua PMI Jaksel Dadang Dasuki dan Ketua Umum Bulan Dana PMI Jaksel Annas Effendi.


Oleh: Badar Subur

JAKARTA (wartamerdeka) - Hasil perolehan bulan dana PMI cabang Jakarta Selatan tahun 2007 mencapai Rp 2.005.429.825. Hasil pengumpulan ini mengalami peningkatan sebesar 74,76 persen bila dibanding penerimaan tahun 2006 lalu yang mencapai sekitar Rp 1.147.475.475. Tapi bila dibandingkan dari target yang ditetapkan berdasarkan kupon yang diedarkan sebesar Rp. 2.083.500.000, hasil penerimaan itu tidak mencapai target.


"Saya ucapkan terima kasih masyarakat dan seluruh pihak yang telah membantu dan memberikan sumbangannya kepada PMI," kata Dadang Dasuki, Ketua PMI Cabang Jaksel saat penutupan Bulan Dana PMI 2007 di Ruang Pola, Rabu (13/02/08).

Namun, perolehan ini bukanlah menjadi sebuah kepuasan dari pengurus PMI cabang Jaksel. Pasalnya, hasil yang terkumpul tahun ini, masih berada di bawah Jakarta Barat yang berhasil memperoleh dana sebesar, Rp 2.116.469.950 yang berada diperingkat pertama. Berdasarkan data tersebut, Ketua Umum Bulan Dana PMI Jaksel, HM. Annas Effendi, SH, MM, berharap pengumpulan dana PMI di tahun mendatang dapat mencapai peringkat pertama.

''Walaupun dana yang terkumpul lebih tinggi dari tahun sebelumnya, namun saya masih belum puas, karena masih kalah dengan wilayah lain. Karenanya, ditahun mendatang nanti, saya harap dapat lebih tinggi perolehannya dari wilayah lainnya, dan mencapai peringkat pertama,''ujar Annas Effendi.

Dia juga berharap peran serta para pengusaha yang berada di Jakarta Selatan untuk ikut peduli dalam kegiatan PMI agar perolehan dana PMI ditahun depan dapat mencapai peringakat pertama se-DKI Jakarta.

"Peran aktif dari semua pihak dalam mendukung kegiatan PMI sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan perolehan bulan dana PMI Cabang Jakarta Selatan di tahun mendatang," harapnya.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rini Sutiyoso mengatakan pengumpulan bulan dana PMI Jakarta Selatan selalu mengalami peningkatan untuk setiap tahunnya. Walaupun pelaksanaan bulan dana hanya 4 bulan yang di mulai 17 September 2007 hingga 17 Januari 2008 namun hasilnya cukup menggembirakan.

"Adanya peningkatan perolehan dana PMI ini berarti pihak pemerintah dan swasta terlihat ada kesungguhan untuk membantu program PMI. Selain itu, pengumpulan bulan dana PMI secara keseluruhan di DKI Jakarta mencapai Rp 8,8 Milyar," kata Rini Sutiyoso.

Menurut dia, penggalangan dana di tahun mendatang akan sedikit dirubah sistemnya yaitu dengan melibatkan pengusaha menengah ke atas. Panitia pengumpulan dana PMI bisa mengkreasikan bentuk kegiatannya yang di sponsori pengusaha. Selain itu, pengurus juga harus meningkatkan sosialisasi program-program PMI di masyarakat.

"Masyarakat harus mengetahui bahwa tugas PMI bukan hanya menangani masalah donor darah saja melainkan mengurus kegiatan sosial lainnya yang lebih berat lagi," jelasnya.

PMI yang juga
membuka Crisis Center di berbagai wilayah. Hal ini dilakukan agar dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat, terutama yang sedang mengalami bencana. Seperti yang terjadi belakangan ini, dan juga bahaya flu burung yang harus diantisipasi yang juga menjadi perhatian Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono.

Annas Effendi juga meminta agar PMI bisa mengumpulkan masyarakat untuk mau melakukan donor darah. Karena donor darah merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan manusia.

''Saya berharap, masyarakat tidak takut lagi untuk melakukan donor darah, karena ini dapat menyehatkan kita. Kegiatan donor darah akan dilakukan di kantor Walikota Jaksel tanggal 4, 5, 6 Maret 2008 mendatang,'' tuturnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama