Antisipasi Banjir, Sudin PU Jaksel Siap Bangun 63 Saluran Air

JAKARTA (wartamerdeka) - Suku Dinas Pekerjaan Umum (Sudin PU) Tata Air Jakarta Selatan akan membuat 63 saluran air yang tersebar di 10 kecamatan. Pembangunan saluran air tersebut sudah dilaksanakan sejak September dan rencananya rampung akhir November mendatang.


Pembangunan 63 saluran air itu menelan biaya sebesar Rp 55 miliar yang bersumber dari APBD tahun 2009.

Kepala Suku Dinas PU Tata Air Jaksel, Endang Setiawati, mengatakan, tujuan dibangunnya saluran air itu untuk mengalirkan dan mengurangi genangan air yang terjadi akibat curah hujan tinggi. Diakuinya, saat ini pembangunan 63 saluran air itu masih berlangsung. "Diharapkan selesai pada akhir November mendatang," ujarnya, pekan lalu

Pembangunan saluran air tidak hanya dipusatkan di jalan umum saja, tapi juga di kawasan pemukiman penduduk. "Diharapkan pengerjaannya bisa tepat waktu, agar saat musim penghujan datang, bisa langsung dioperasikan," ungkapnya.

Untuk pembangunan saluran di pemukiman warga dilakukan dengan cara memperbaiki kembali saluran air yang di atasnya banyak dimanfaatkan warga dengan membuat jembatan. "Adanya jembatan membuat laju air tak maksimal dan saat musim hujan datang bisa berakibat air meluber ke jalan," tuturnya. (Badar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama