Kapolres Purwakarta Lakukan Sidak Di Pasar Tradisional

Memastikan Ketersediaan Dan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan


PURWAKARTA  (wartamerdeka.info) - Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius bersama Wakil Bupati, H Aming beserta Jajaran Satgas Pangan kepala OPD terkait melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Leuwi Panjang, Jalan Ibrahim Singadilaga Purwakarta, Selasa (30/4/2019).

Sidak dilakukan untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar menjelang bulan ramadan 2019 tetap stabil.

Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius mengatakan bahwa setelah dilakukan sidak didapati sejumlah harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun ada juga yang mengalami penurunan bahkan tidak sedikit pula yang masih stabil.

“Kenaikan harga mencolok justru dialami bawang putih dari harga awal Rp32 ribu saat ini Rp48 ribu per kilogram, namun stok dipastikan aman,” ujar Kapolres.

Menurutnya, kenaikan ini diakibatan dampak dari faktor cuaca mengakibatkan bawang putih mengalami kenaikan harga. Sementara untuk harga lain memang fluktuatif, ada yang naik ada juga yang turun seperti harga bawang Merah, Beras dan cabe merah.

Untuk mencegah adanya penimbunan, Kapolres menyebut ada tiga hal yang akan dilakukan. Pertama, memantau harga setiap hari, kedua melihat distibusi dikhawatirkan ada permainan, dan ketiga yaitu tindak lanjut operasi pasar.

“Acuan dari dua tahun terakhir harga bisa ditekan stabil, untuk tahun ini juga sebelum dan menjelang lebaran diharapkan sama,” ujar kapolres.

Sementara upaya Pemkab Purwakarta untuk menekan harga kebutuhan pokok merencanakan akan menggelar bazar sebelum ramadhan dan menjelang lebaran.

“Kita akan ada bazar tanggal 3 Mei di Dinas Pangan dan Pertanian,” ujar Wakil Bupati Purwakarta, H Aming. (A Budiman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama