AH: Provinsi Sulsel Terbaik dalam Tranparansi Pemerintahan

Sulsel Raih Anugerah Keterbukan Informasi Publik 2019 Tingkat Nasional

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel Andi Hasdullah (AH) 

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Sulawesi Selatan menjadi salah satu provinsi yang berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik  (KIP) 2019 tingkat nasional.  Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel Andi Hasdullah (AH) akan mewakili Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menerima penghargaan ini di Jakarta. 

Dalam keterangan persnya, hari ini, AH menengungkapjan, para penerima lainnya yang juga mendapat penghargaan KIP 2019, hari ini berkumpul di Jakarta. Penyerahan penghargaan ini berlangsung di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019). 

Dikemukakannya, Anugerah KIP tergolong penghargaan bergengsi karena pemeringakatannya berjenjang yang menjaring Pemerintah Kota dan Kabupaten di tingkat provinsi. Untuk tingkat nasional, keberhasilan Sulsel dalam dalam pemeringkatan keterbukaan informasi publik tercapai setelah melalui proses kompetisi dengan 33 provinsi lain di Indonesia 

"Tolok ukur penghargaan ini antara lain adalah tingkat transparansi yang menggunakan indikator kinerja, antara lain pelibatan partisipasi publik mulai dari perumusan kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan termasuk dalam menghadirkan pemerintahan yang profesional dengan tata kelola baik," ujar AH, yang dikenal sebagai Kadiskominfo yang sangat  proaktif dalam upaya melakukan transparansi publik terkait kegiatan Pemprov Sulsel.

Selain bersyukur karena meraih penghargaan KIP 2019, Andi Hasdullah mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemprov dan segenap masyarakat Sulsel yang telah berupaya optimal melaksanakan transparansi publik dengan melibatkan partisipasi publik di provinsinya.  "Terima kasih banyak karena sinergi pemerintah dan masyarakat terjalin dengan baik melalui sistem yang dibangun pengelola informasi daerah (PPID)," ujarnya.

Ia menjelaskan, di Sulsel, Pemprov menyediakan layanan info publik yang progresif, baik melalui layanan PPID Sulsel online bebasis smartphone maupun layanan langsung terhadap pemohon informasi di ruang PPID Utama di Kantor Gubernur Sulsel. "Ini juga mencakup sosialisasi yang masif kepada masyarakat dengan menyebar brosur info publik di beberapa lokasi car free day,  iklan layanan di beberapa radio di ibu kota Makassar dan beberapa kabupaten dan kota," kata Andi Hasdullah.

Yang tak kalah penting, kata dia, adalah gaya kepemimpinan Gubernur Sulsel Nurdin Abdllah dan dan Wagub Andi Sudirman Sulaiman yang  berkomintmen kuat untuk melaksanakan transparansi pemrintahan di provinsi ini. "Secara internal, untuk transparansi informasi ini Pak Gubernur dan Pak Wagub juga membimbing dan mengawasi seluruh perangkat daerah, baik itu di lingkup Pemprov, Kabupaten dan Kota, bahkan sampai ke desa secara konsisten," ujar Andi Hasdullah.

Dengan bimbingan dan pengawasan Gubernur dan Wagub inilah, kata Kepala Dinas Kominfo SP ini, hasilnya adalah transparansi pemerintahan di Sulsel yang ternyata menjadi salah satu terbaik di tingkat nasional. "Dampak penghargaan ini tentu akan menambah  semangat kepada segenap jajaran  Pemprov Sulsel untuk menunjukkan kinerja terbaik sekaligus meningkatkan kemajuan daerah secara keseluruhan," tandas Hasdullah. (Aris)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama