Pemkab Bekasi Bersama Kejari Resmikan Kantin Kejujuran


BEKASI (wartamerdeka.info) - Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Bekasi, Juandi bersama Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Bekasi Raden Rara Mahayu Dian Suryandari  meresmikan Kantin Kejujuran SMP Negeri 4 Cikarang Utara, Kamis (12/12).

Peresmian kantin tersebut dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2019 yang jatuh tanggal 9 Desember lalu. Hal ini sebagai upaya menumbuhkembangkan semangat anti korupsi melalui kejujuran dan keikhlasan dalam transaksi.

Asda 1 Juandi dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Daerah menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan peresmian kantin kejujuran tersebut. Ini merupakan program untuk kita kedepan dalam rangka pembinaan karakter usia dini sehingga karakter tersebut akan terbentuk baik, katanya.
   
Sementara itu, Kajari Kabupaten Bekasi, Raden Rara Mahayu berharap dengan adanya Kantin Kejujuran dapat membiasakan pelajar memiliki sifat jujur. Sehingga dengan diadakannya Kantin Kejujuran ini, semoga dapat menumbuhkan bibit-bibit kejujuran pada generasi milenial khususnya pelajar, harapnya.


Lebih lanjut, Mahayu mengatakan,
kantin Kejujuran merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Kejaksaan Negeri.

Melalui momentum semangat peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2019, Kajari bekerjasama dengan SMP N 4 Cikarang Utara mendirikan Kantin Kejujuran dengan sasaran kegiatan yakni pelajar yang merupakan generasi millenial dan generasi di masa depan , pungkasnya.
 
Kegiatan ini tidak hanya SMPN 4 Cikarang Utara yang terpilih sebagai perintis/percontohan, beberapa SMP yang terpilih yakni SMPN 1 Cikarang Timur, SMPN 1 Cikarang Selatan, SMPN 1 Tambun Selatan, SMPN 1 Babelan.

"Ini bisa dijadikan contoh, untuk sekolah- sekolah yang lain, serta instansi maupun masyarakat sendiri agar lebih mengenal arti kejujuran. Sehingga kita semua dapat menjadi generasi anti korupsi, serta takut akan melakukan korupsi itu sendiri nantinya," terangnya

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMPN 4 Cikarang Utara Samingan juga menjelaskan dengan adanya kantin kejujuran di SMPN 4, untuk melatih kejujuran siswa-siswa sekolah.

Di kantin kejujuran ini pembeli dapat langsung megambil sendiri barang yang dibutuhkan, mencatat pembelian, membayarkan dan mengambil sendiri uang kembalian dari hasil pembelanjaannya.

"Sehingga dengan membiasakan bersifat jujur mulai dari hal-hal yang kecil maka akan menciptakan sifat anti korupsi di dalam jiwa para pelajar," ungkapnya.

Di akhir acara Kajari Kabupaten Bekasi yang juga didampingi Asisten Daerah 1 Juandi, Kepala Sekolah SMPN 4 Cikarang Utara, serta unsur Muspida lainnya meninjau langsung kantin kejujuran serta membuka secara simbolis tirai bilik moral anti korupsi. (Yot/hms)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama