Cegah Covid-19, Pemkab Bekasi Dibantu PMI Semprotkan Disinfektan Ke Ruang Publik


BEKASI (wartamerdeka.info) - Seiring mewabahnya Covid-19 di Indonesia sekarang ini, masyarakat Kabupaten Bekasi diminta untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan dirinya masing-masing.

Terkait hal itu,, Pemerintah Kabupaten Bekasi, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi melakukan upaya dalam kesiapsiagaan pencegahan penularan Covid-19, salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di ruang-ruang publik.

Amin Abdul Rokhim selaku Petugas Posko PMI Kabupaten Bekasi saat di wawancarai mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan di ruang-ruang publik ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“Kami bekerjasama dengan Pemkab Bekasi melakukan penyemprotan desinfektan, yang dilakukan guna mencegah penularan virus corona yang sedang ramai,” ucapnya.

Amin juga mengatakan, penyemprotan desinfektan ini dapat dikatakan efektif bila masyarakat juga ikut membantu menjaga kebersihannya secara berkala dan mandiri.

“Tim PMI akan melakukan penyemprotan desinfektan satu kali, namun harus tetap dimonitoring oleh masyarakat secara mandiri, yaitu dengan menjaga kebersihannya sendiri,” jelasnya.

Saat ini, PMI Kabupaten Bekasi fokus melakukan penyemprotan desinfektan di fasilitas umum, seperti fasilitas Ibadah, Sekolah, Kesehatan, maupun gedung pemerintahan.

“Untuk sekarang, fokus kami hanya di fasilitas umum terlebih dahulu. Tapi jika ada fasilitas umum yang belum dilakukan penyemrotan desinfektan, dapat menghubungi PMI Kabupaten Bekasi dengan mengirimkan surat permohonan ke kami,” ucap Amin.

Surat permohonan dapat dikirimkan langsung ke kantor PMI Kabupaten Bekasi yang berada di Jl. Teuku Umar, No.49 Cibitung, ataupun melalui email ke pmi_kab.bekasi@yahoo.com .

Selain itu, Amin juga menghimbau untuk masyarakat Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, dengan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan.

“Rutin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Jika terpaksa tidak ada air mengalir bisa diganti dengan handsanitizer yang mengandung antiseptik,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan, saat yang tepat untuk mencuci tangan ialah :
1. Ketika tangan terlihat kotor
2. Sebelum dan sesudah makan
3. Setelah buang air besar dan kecil
4. Setelah batuk atau bersin
5. Sebelum, saat dan setelah mempersiapkan makanan
6. Saat merawat orang yang sakit
7. dan Setelah memegang hewan atau membersihkan kotoran hewan.

Amin menambahkan, masyarakat diminta untuk rutin membersihkan benda-benda yang rentan dihinggapi virus. seperti benda yang sering dipegang, gagang pintu, maupun pagar rumah.

“Kita nggak pernah tahu penularan virusnya, jadi lebih baik kita mengantisipasi saja dengan menjaga kebersihan rutin,” tutupnya. (Yot/hms)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama