Bamsoet Sumbang Sembako Ke Jurnalis


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan bantuan paket sembako kepada para jurnalis. Bantuan berupa ratusan paket sembako, ratusan dus mie instant, ratusan ekor ayam beku, 1 dus vitamin dan 2 dus hand sanitizer ini diberikan melalui Posko Peduli Jurnalis yang diterima langsung oleh Ketua Gerakan Peduli Jurnalis, Andy Arief. Ketua MPR RI hadir bersama Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad.

"Sama seperti dokter atau tenaga medis, wartawan merupakan salah satu profesi yang rentan terpapar virus Covid-19. Sebab, di saat orang lain bisa bekerja dari rumah, wartawan harus tetap berkeliling dan bertemu banyak orang untuk dapat menyajikan berita yang akurat ke masyarakat. Namun, di sisi lain banyak kawan-kawan wartawan yang gajinya dipotong oleh perusahaan tempatnya bekerja karena terdampak pandemi Covid-19," ujar Bamsoet usai menyerahkan bantuan di Jakarta, Sabtu (16/5/20).

Mantan Ketua DPR RI ini mengingatkan, para wartawan memiliki kewajiban untuk menyampaikan berita akurat terkait perkembangan pandemi Covid-19. Penyebaran segala informasi hoax harus dihentikan.

"Saat ini informasi mengenai Covid-19 menjadi informasi yang sensitif dan rawan menyulut kepanikan di masyarakat. Karenya, segala bentuk penyebaran berita hoax sangat tidak dibenarkan. Menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menangkal serta tidak menyebarkan berita hoax," tegas Bamsoet.

Mantan wartawan ini menyayangkan trend penyebaran berita hoax yang terus meningkat. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika hingga akhir bulan April 2020, berita hoax terkait pandemi Covid-19 sudah lebih dari 600 berita.

"Penyebaran berita hoax pandemi Covid-19 harus dihentikan. Aparat penegak hukum harus mengusut dan menindak tegas pelaku penyebaran berita hoax. Pemerintah pusat dan daerah juga harus lebih intens mengedukasi masyarakat mengenai informasi Covid-19 serta menjaga komunikasi publik yang komprehesif guna menangkal berita hoax yang terus beredar," pungkas Bamsoet.

Gerakan Peduli Jurnalis diiniasi oleh sejumlah wartawan hiburan, guna menghimpun bantuan untuk disalurkan kepada wartawan mandiri, khususnya yang meliput dunia hiburan. Bantuan datang dari berbagai kalangan, baik perorangan maupun perusahaan. Nama-nama yang telah memberikan bantuan antara lain mantan Menteri Agraria dan Kepala Badan Pertahanan Nasional Ferry Musyidan Baldan, Pengamat Musik Bens Leo, artis penyanyi Nia Daniati, Lola Amaria, Kowani, dan banyak lagi. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama