Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Sejumlah Rumah Sakit Di Medan Hingga Siantar, Terima Sumbangan APD Dari ICoLC Dan HVT

Serah Terima APD di RSUD dr. Djasamen Saragih, Pematang Siantar

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Sejumlah Rumah Sakit di wilayah Medan, Siantar, Tapanuli, hingga Nias, terima sumbangan APD (Alat Pelindung Diri) baju Hazmat (Hazardous Material Suit) sebanyak 3.000 set dan 3.000 buah masker KN95 dan masker medis, dari Indonesia Council on Local Church (ICoLC), Jakarta bersama PT High Volt Technology (HVT), Jakarta.

Ada 19 Rumah Sakit yang berkategori RSUD, RSU dan RS (termasuk Fakultas Kedokteran USU) di beberapa wilayah kabupaten/kota provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang sebelumnya menjadi titik tujuan penerima donasi APD dan masker dari organisasi sosial dan perusahaan teknologi tegangan tinggi tersebut.

Ke 19 Rumah Sakit penerima APD dan masker dengan jumlah yang sesuai skala kapasitas masing-masing RS tersebut adalah sebagai berikut:

1. RSU Adam Malik, Medan;
2. RS Martha Friska Multatuli, Medan;
3. RS Universitas Sumatera Utara, Medan;
4. Fakultas Kedokteran USU, Medan.
5. RSUD Deli Serdang, Lubuk Pakam (Kab. Deli Serdang);
6. RSUD Bunda Mulia, Kisaran (Kab. Asahan);
7. RSUD Labuhanbatu Utara, Aek Kanopan (Kab. Labuhanbatu Utara);
8. RSUD dr. H. Abdul Manan Simatupang, Kisaran (Kab. Asahan);
9. RSUD Kabanjahe (Kab. Karo);
10. RSUD dr. Djasamen Saragih (Kota Pematang Siantar);
11. RSUD Perdagangan, Bandar (Kab. Simalungun);
12. RSUD dr. Hadrianus Sinaga (Kab. Samosir);
13. RSUD Porsea (Kab. Toba);
14. RSUD HKBP Balige (Kab. Toba);
15. RSUD Dolok Sanggul (Kab. Humbahas);
16. RSUD Dairi (Kab. Dairi);
17. RSUD Tarutung (Kab. Tapanuli Utara);
18. RSUD Pandan, Padang Sidempuan (Kab. Tapanuli Tengah);
19. RSUD Gunung Sitoli, Kota Gunung Sitoli (Nias);

Menurut Koordinator Program Pelaksana, Victor Gunadi, yang mendasari pemberian sumbangan tersebut adalah sebagai panggilan dan kepedulian kepada Rumah-rumah Sakit dan paramedis yang berjuang di garda terdepan melawan pandemi virus Corona (Covid 19). Paramedis perlu didukung dalam pekerjaannya sehari-hari melayani masyarakat, sehingga paramedis juga terlindungi dari risiko terpapar virus mematikan itu.

Victor Gunadi yang juga Sekjen ICoLC ini mengatakan, sejak tanggal 12 Mei 2020, seluruh APD sudah berjalan pendistribusian ke berbagai RS. Mulai dari beberapa RS yang terdaftar di Medan, Asahan, Karo, menuju ke Siantar hingga daerah Samosir, Toba, Tapanuli hingga Nias.

Pendistribusian dipimpin Koordinator Lapangan (Tim ICoLC Medan), Pdt. Dedy Oranta Ketaren dan Esrawati Ginting. Hampir 50 orang relawan lainnya di berbagai daerah titik lokasi RS penerima distribusi donasi APD tersebut yang bersedia membantu.

Dikatakan Victor, tanggal 12 Mei 2020, ada 4 (empat) di Medan seperti dalam daftar, dan secara paralel, distribusi ke daerah lainnya berjalan hingga tanggal 13, 14 dan 15 Mei sesuai waktu pengiriman yang dibutuhkan. Diperkirakan terakhir Sabtu 16 Mei 2020 dapat diterima RS di Nias, Gunung Sitoli, sebagaimana telah dikoordinasikan dalam rapat-rapat sebelumnya.

Dari beberapa tanda serah terima yang dikirimkan ke media, antara lain: di RSUD dr. Djasamen Saragih kota Pematang Siantar, Rabu, 13 Mei 2020 telah diserahkan Baju Hazmat High Grade (100 Pcs), Masker KN95 (100 Pcs), Baju Hazmat (100 Pcs), dan Masker Medis (100 kotak), oleh relawan Pdt. Victor Edi Hutagaol, dan Pdt. Daniel Panggabean, dan diterima oleh Wadir II dan Wadir III. Bahkan pihak RSUD menerbitkan Surat Tanda Penghargaan kepada IloCL dan PT HVC yang ditandatangani Wadir III RSUD, Ronny D.W Sinaga, S.STP., M.Sc.

Di RSU Kabanjahe, donasi diterima Rabu, 13 Mei 2020, pukul 14.00 WIB, yang diserahkan relawan Pdt. Yosua Sinukaban, Komando Tarigan dan Pdt. Krispus D. Surbakti, berupa Baju Hazmat High Grade (100 Pcs), Masker KN95 (100 Pcs), Baju Hazmat (100 Pcs), dan Masker Medis (100 kotak). Diterima perwakilan RSU Kabanjahe dr. Evanita Bangun bersama stafnya.

RSUD Deli Serdang, menerbitkan Piagam Terimakasih kepada ICoLC dan PT HVT yang ditandatangani Direktur, dr. Hanip Fahri, MM., M.Ked (KJ)., Sp.KJ. Diserahkan oleh Pdt. Jontimer Malau dan Nuresah Tarigan, berupa: Baju hazmat high grade (150 pcs), Masker KN95 (150 pcs), Baju hazmat (50 pcs), dan Masker medis (50 pcs). Diterima pihak RSUD. dr. Agustina Siburian.

Untuk RSUD Labuhan Batu Utara (Labura), kab. Asahan, yang menyerahkan Pdt. Sabrina Tarigan dan Pdt. Siringo Ringo, sebanyak 50 pcs utuk masing-masing jenis APD. Untuk RSUD Tarutung, yang menyerahkan Pdt. Debora Nainggolan, sedangkan ke RSUD Dairi, yang menyerahkan Pdt. Hutasoit.


Di RSUD Hadrianus Sinaga, Pangururan, kab. Samosir, tanda serah terima barang masing-masing jenis APD 50 pcs, ditandatangani Direktur, dr. Friska Situmorang, MM, tertanggal 15 Mei 2020. Diserahkan oleh Pdt. Sabdi Gultom.

RSUD Porsea, tanggal 14 Mei 2020, diterima TU, F. Manalu, Surat Tanda Terimakasih ditandatangani Direktur RSUD, dr. Tommy C. Siahaan, M.KM. Diserahkan oleh Pdt. Sabar Tampubolon dan Ronny Sianturi, masing-masing jenis APD sebanyak 50 pcs.

Ke RSUD Dolok Sanggul, Kamis, 14 Mei 2020, pukul 10.00 wib, relawan yang menyerahkan APD masing-masing jenis 50 pcs, adalah Pdt. Dedy Simamora, Pdt Arifin Manulang, dan Paber Simamora. Yang menerima dari pihak RSUD Dolok Sanggul adalah dr. Netty Iriani Simanjuntak. Untuk RSU HKBP Balige, serah terima Jumat, 15 Mei 2020, oleh Pdt Rudi Tanjung dan diterima oleh dr. Tulus Manurung (Direktur dr. Nelson Siburian, MKM).

Dikatakan Victor, donasi ini murni inisiatif dan swadaya dari ICoLC dan HVT, yang juga ingin mendukung pemerintah dalam menangani pandemi ini.

“Lewat donasi ini, ICoLC dan HVT ingin mengirimkan pesan kepada Pemerintah, bahwa kami mendukung Pemerintah untuk bahu-membahu bersama seluruh bangsa Indonesia, dalam melewati krisis akibat wabah Covid 19 ini, ungkapnya kepada media via WA, Selasa (12/05/2020) lalu.

Sementara itu diketahui, Tim Pelaksana Program donasi dari kedua lembaga tersebut adalah: Penasehat - Dr. Saur Hasugian; Ketua Umum - Ir. Cawir Ginting; Koordinator Pengarah Program Donasi – St. Ir. Berlian Tampubolon M.Sc; Koordinator Program - Victor Gunadi; Koordinator Lapangan (Tim ICoLC Medan) – Pdt. Dedy Oranta Ketaren dan Esrawati Ginting; beserta hampir 50 relawan di berbagai daerah di Sumatera Utara.

Sebagai informasi, Indonesia Council on Local Church (ICoLC) adalah organsasi nirlaba yang terbeban untuk kemajuan dan pengembangan pelayanan gereja Kristen lokal di Indonesia. ICoLC hadir untuk menjadi mitra gereja-gereja Indonesia dalam mengembangkan pelayanan, yang bertujuan untuk terus membangun basis pengetahuan, memupuk inovasi demi kepentingan setiap pelayanan.

Sementara PT High Volt Technology (HVT) merupakan perusahaan khusus, inovatif dan independen dalam hal instalasi, pengujian, commissioning, pemantauan, diagnosis, penilaian dan pemeliharaan peralatan tegangan tinggi. HVT muncul sebagai penyedia layanan di seluruh dunia untuk instalasi, pengujian, commissioning, dan uji HV di tempat dengan pengukuran pelepasan parsial untuk Gas Insulated Switchgear (GIS), Air Insulated Switchgear (AIS) dan Gas Circuit Breaker (GCB) hingga 500 kV. (DANS)

Posting Komentar untuk "Sejumlah Rumah Sakit Di Medan Hingga Siantar, Terima Sumbangan APD Dari ICoLC Dan HVT"