Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme, Kodim 0507/Bekasi Gelar Pembinaan Dan Komunikasi Sosial


BEKASI (wartamerdeka.info) - Kodim 0507/Bekasi menggelar Pembinaan Komsos dengan tema ”Merawat Kebhinekaan Untuk Tangkal Radikalisme, Separatisme Dalam Bingkai NKRI”bertempat di Makodim 0507/Bekasi Jl.Veteran no.60 Kel.Margajaya, Kec.Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Selasa (14/07/2020).

Pembinaan kegiatan komunikasi sosial (Komsos) ini untuk  mencegah dan menangkal radikalisme/separatisme.

"Mari kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi Pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme/separatisme," ujar Komandan Kodim (Dandim) 0507/Bekasi Letkol Arm Iwan Aprianto,.S.I.K., melalui Plh.Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Czi Sali.

Disampaikan juga bahwa dengan mengundang dan mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga unsur terkait dalam kegiatan Komsos cegah dan tangkal radikalisme dan separatisme di Kodim 0507/Bekasi, diharapkan bisa memberikan pencerahan dan pemahaman kepada masyarakat sekitar bahayanya pengaruh radikalisme dan separatisme terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peningkatan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan wawasan keagamaan serta pentingnya menanamkan nilai-nilai jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI guna mencegah provokasi atau hasutan yang dapat menimbulkan tindakan radikal atau kekerasan di masyarakat.

Dimana arti Radikalisme itu sendiri adalah merupakan suatu sikap yang mendambakan perubahan sosial dan politik secara total dan bersifat revolusioner dengan menjungkirbalikan nilai-nilai yang ada secara dramastis lewat kekerasan dan aksi-aksi yang ekstrem diantaranya sikap Intoleran, Fanatik, Eksklusif dan Revolusioner.

Namun ada beberapa strategi dalam menghadapi Radikalisme,diantaranya Kontra Radikalisasi,yakni upaya penamanan nilai-nilai keindonesiaan serta nilai-nilai non-kekerasan. Dalam proses ini, strategi yang dilakukan melalui pendidikan baik formal maupun nonformal, kontra radikalisme diarahkan kepada masyarakat umum melalui kerja sama dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh pendidikan serta stakeholder lain dalam memberikan nilai-nilai kebangsaan.

Lebih lanjut Plh.Kasdim berharap, pada kegiatan ini dapat terjalin komunikasi yang intensif antara Prajurit Kodim 0507/Bekasi dengan unsur-unsur komponen bangsa yang meliputi,Anggota TNI/Polri,Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda yang ada diwilayah Kodim 0507/Bekasi sehingga terwujud hubungan emosional yang erat dan harmonis dalam rangka mempertahankan Ideologi Pancasila.

“Marilah kita bersama-sama menumbuhkan, mengingatkan serta membuka kembali akan pentingnya tindakan atau kegiatan dalam rangka mencegah dan mengantisipasi timbulnya radikalisme dan separatisme yang terjadi di wilayah kita, “ pungkasnya.

Sebagai pemateri dalam Komsos Cegah Radikalisme kali ini Drs, Muhammad Jarnuji dari Kesbangpol Kota Bekasi dengan materi pencegahan berkembangnya paham radikalisme, Kapten Inf Tomy (Wadanramil 01/Kranji) berkembangnya terorisme di indonesia, Kapten Arm Catur Binwasbang (Wadanramil 01/Kranji).

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 60 orang peserta yang Turut hadiri oleh, Mayor Czi Sali (Plh.Kasdim), Kapten Inf Sahari (Plh Pasiter), Kapten Inf Tomy.A (Wadanramil 01/Kranji), (Kapten Arm Catur A. (Wadanramil 02/PG), Kapten Cba Misul (Kaur Bhakti TNI), Kapten Inf Sobirin (Danuinit Intel), (Rosidi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama