Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Danjen Akademi TNI Tutup Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI Tahap II

MAGELANG (wartamerdeka.info) - Danjen Akademi TNI Marsdya TNI Tamsil Malik, S.E. bertindak selaku Inspektur Upacara pada penutupan Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI Tahap II, bertempat di lapangan Sapta Marga Akmil Magelang, Jawa Tengah, Jumat (29/1/2021).

Sebanyak 672 Taruna Akademi TNI telah dinyatakan lulus menjalani Pendidikan Dasar Integratif Akademi TNI selama 6 bulan. Selanjutnya para Taruna Akademi TNI yang terdiri dari Taruna Darat 425 orang, Taruna Laut 230 orang dan Taruna Udara 117, akan diserahkan ke Akademi Angkatan masing-masing guna melanjutkan pendidikan sesuai kematraan di  Akmil, AAL dan AAU  selama 3.5 tahun mendatang hingga kelak dilantik menjadi seorang Perwira TNI dengan pangkat Letnan Dua.

Akademi TNI adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI, dengan tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Pertama Perwira TNI yang bersumber dari Taruna Akademi TNI matra darat, laut dan udara, yang bersifat integratif dalam rangka menyiapkan kader Pimpinan TNI. Adapun tugas yang dilaksanakan adalah menyelenggarakan Pendidikan Integratif Taruna Tingkat-1 Akademi TNI.

Pendidikan Integratif Taruna Tingkat-1 Akademi TNI  merupakan pendidikan dasar  tahap awal dari bagian pendidikan Pertama Perwira TNI (Akmil, AAL dan AAU), dengan tujuan untuk membentuk pola sikap seseorang  yang awalnya dari sipil diubah menjadi seorang prajurit Taruna yang mempunyai jiwa dan karakter militer, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta memiliki kesamaptaan jasmani yang prima.

Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI dilaksanakan selama 6 bulan di Menchandra Akademi TNI Magelang yang dibagi dalam 2 tahap, dengan  lama waktu 3 bulan setiap tahapan. Pendidikan integratif tahap-1 dinamakan juga sebagai Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol, karena selain diikuti oleh peserta didik Taruna Akademi TNI juga diikuti oleh Taruna Akpol.

Kerja sama penggabungan penyelenggaraan pendidikan dasar integratif selama 3 bulan antara Taruna Akademi TNI dan Taruna Akpol  telah dimulai sejak 6 tahun yang lalu di dalam satu lembaga pendidikan yaitu Menchandra Akademi TNI Magelang.

Adapun tujuan pendidikan bersama tersebut adalah untuk membangun dan mewujudkan sinergitas dan soliditas antara TNI dan Polri sejak dini melalui generasi muda Taruna mengingat mereka adalah calon-calon generasi pemimpin TNI-Polri di masa datang.

Pendidikan Dasar Integrasi Kemitraan Akademi TNI dan Akpol untuk Tahun pendidikan 2020/2021 diikuti oleh 923 Taruna yang terdiri dari 672 Prajurit Taruna Akademi TNI dan 251 Taruna Akpol yang telah berakhir pada tanggal 27 November 2020 lalu.

Saat ini sebanyak 672 Taruna Akademi TNI telah menyelesaikan pelaksanaan pendidikan integratif tahap II selama 3 bulan, yang pada tanggal 19-24 Januari 2021 lalu para Taruna telah selesai melaksanakan latihan berganda-2. Latihan Ganda 2 (Latganda-2) merupakan puncak latihan dari keseluruhan proses pembelajaran dalam pendidikan dasar integratif  Taruna Akademi TNI.

Latganda-2 ini adalah bahan evaluasi untuk menentukan keberhasilan Taruna Tingkat-1 Akademi TNI dalam menyerap, memahami dan menguasai berbabagi macam pengetahuan dasar  militer serta pembinaan fisik agar para Taruna Akademi TNI dapat mengikuti tahapan pendidikan lanjutan kematraan di Akademi Angkatan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Danjen Akademi TNI Tutup Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI Tahap II"