Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Peringatan Hari Pertempuran Melawan NICA, 14 Januari Kali Ini Tanpa Tabur Bunga


KOBAR (wartamerdeka.info) – Bagi masyarakat Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, khususnya masyarakat Kecamatan Kumai tanggal  14 Januari merupakan hari yang sangat bersejarah.

Pada 14 Januari 1946 silam terjadi peristiwa pertempuran antara para pejuang di Kumai melawan tentara NICA Belanda yang  pada waktu itu ingin kembali melakukan penjajahan dan mau menduduki wilayah Kumai.

Untuk mengenanf peristiwa tersebut, Pemerintah  Kabupaten Kotwaringin Barat (Kobar), selalu melaksanakan peringatan hari pertempuran tersebut dan mengenang atas jasa para pahlawan yang kala itu berjuang di medan perang untuk mempertahankan bagian wilayah di Kecamatan Kumai.

Peringatan hari pertempuran ini biasanya diselenggarakan di Pelabuhan Pelindo Kumai. Yakni dengan cara menabur bunga ke sisi pelabuhan dan bunga di tabur ke laut. 

Tapi tahun ini, Pemerintah Kabupaten Kotwaringin Barat, memperingatinya dengan cara yang berbeda. Yakni dengan menggelar acara peringatan tersebut di halaman depan kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kotawaringin Barat, Kamis (14/01/21).

Dalam sambutanya Bupati Kotawaringin Barat, Hj Nurhidayah mengatakan, pada peringatan hari pertempuran yang jatuh pada 14 januari 2021, dilaksanakan di depan kantor Kesbangpol Kobar, karena dalam keadaan dan kondisi prihatin terkait dengan terjadinya wabah virus corona yang tak kunjung usai.

"Peringatan hari pertempuran ini merupakan sesi sejarah terhadap para pejuang kita yang  sudah meninggalkan kita demi menjaga keutuhan wilayah kita, yaitu wilayah kecamatan Kumai khususnya. Sehingga hal tersebut patut kita hargai dan selalu kita kenang. 14 Januari kita jadikan momen yang sangat berarti bagi kita semua untuk mengenang jasa para pahlawan atas jerih payahnya memperjuangkan negara kita tercinta," ucap Nurhidayah.

Nurhidayah mengatakan,  kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama. Sebelumnya pihak Panitia sudah melakukan koordinasi untuk pelaksanaan kegiatan. 

''Kita ketahui bersama, kegiatan 14 Januari kita biasanya ada tabur bunga di pelabuhan.  Namun saat ini kita cuma menyerahkan bantuan dengan cara door to door. Yakni dari pintu ke pintu dari pihak panitia kepada para ahli waris dan keluarga  para pejuang,”  katanya.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Kesbangpol Kobar, mengingat begitu bahayanya dengan kondisi pandemi yang saat ini terjadi. Sehingga mau tidak mau kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan.  Mari kita bersama sama kita mengirimkan baca’an Surah Al’Fatihah kepada para pejuang," ujarnya kepada wartawan.

Bupati Kotawaringin Barat, beserta jajaran pada Jum’at  (15/01021) akan menyambangi beberapa warga Kecamatan Kumai, yang akan dilaksanakan di Mesjid Al’Baido seusai shalat Jum’at. Serta sekaligus untuk melaksanakan Haulan untuk memperingati jasa para pahlawan yang sudah gugur. (and)

Posting Komentar untuk "Peringatan Hari Pertempuran Melawan NICA, 14 Januari Kali Ini Tanpa Tabur Bunga"