Kejari Muara Enim Tahan Dua Dari Tiga Tersangka Korupsi Proyek Jalan Desa Harapan Jaya

Kajari Muara Enim Mernawati SH  saat jumpa pers

MUARA ENIM (wartamerdeka.info) -Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim resmi menahan dua orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi, pada salah satu Proyek Jalan dari anggaran APBD 2019 lalu, di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muara Enim.

Kajari Muara Enim Mernawati SH didampingi Kasi Intel Yulius Dasa Putra SH MH dan Kasi Pidsus M Alvin SH MH mengungkapkan, penahanan tersebut berdasarkan surat penatapan penahanan nomor B32 L615 FD102 2021 tanggal 18 febuari 2021.

Sebelumnya, Kejari Muara Enim resmi menetapkan 3 tersangka penyalagunaan wewenang, yakni pertama,  atas nama inisial HSB seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai salah satu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek di Dinas PUPR Muara Enim, kedua berinisial AS selaku pelakasana lapangan, dan ketiga berinisial AB selaku vendor pemenang proyek jalan CV.ADIMART dari Prabumulih.

"Hari ini baru 2 orang kita lakukan penahanan. Satu orang atas nama AB mangkir dari panggilan kita, karena berhalangan. Dan, akan kita lakukan upaya pemanggilan kembali. Apabila, masih mangkir akan kita upaya jemput paksa," ujar Kejari Mernawati saat jumpa pers,  Kamis (18/2/2021).

Mernawati menerangkan, penetapan tiga tersangka tersebut merupakan hasil penyelidikan tim Pidsus Kejari Muara Enim, atas laporan masyarakat terhadap dugaan penyalahgunaan wewenang dan Mark Up salah satu proyek Dinas PUPR, di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Muara Enim pada APBD induk Kabupaten Muara Enim senilai  Rp. 984.311.500, 00 pada 2019 lalu.

Dua tersangka korupsi yang ditahan Kejari

Dari hasil penyelidikan tersebut, sambung Mernawati, setelah dilakukan perhitungan oleh tim Kejari Muara Enim terdapat selisih volume sebesar 253.07 m3 dengan jumlah kerugian negara dirupiahkan yakni senilai Rp 418.000.000,00 rupiah.

"Pasal yang kita kenakan,  pasal 2 dan pasal 3 UU Tipikor dengan ancaman hukuman naksimal 20 tahun penjara," pungkasnya. (Agus v)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama