Polda Metro Musnahkan Ratusan Kg Barang Bukti Narkotika, Hasil Operasi 4 Bulan

 


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya beserta Polres jajaran hari ini memusnahkan barang bukti narkotika berbagai jenis. Barang bukti narkotika yang dimusnahkan hari ini merupakan hasil pengungkapan kasus narkotika dalam kurun waktu empat bulan.

Pemusnahan barang bukti narkotika tersebut berlangsung di lapangan Polda Metro Jaya dan dipimpin langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran. Sejumlah pihak mulai dari Puslabfor Polri, Bareskrim Polri, Kejaksaan Agung, Pengadilan MUI hingga Pemprov DKI Jakarta pun turut hadir dalam acara pemusnahan narkotika tersebut.

"Dalam rangka menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan keseriusan Polri memberantas narkoba, Polda Metro Jaya dan Polres jajaran terus melakukan pengungkapan kasus narkoba," kata Irjen Fadil dalam sambutanya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/2/2021).

Irjen Fadil menyebut narkotika yang dimusnahkan hari ini terdiri dari berbagai jenis narkotika. Barang bukti narkotika tersebut merupakan hasil pengungkapan dalam kurun waktu empat bulan terakhir. baik Satgas Khusus Polri, Polda Metro Jaya maupun Polres jajaran.

"Pada kesempatan ini kita melaksanakan pemusnahan barang bukti narkoba hasil pengungkapan Satgas Khusus Polri Ditnarkoba Polda Metro Jaya dan Polres jajaran selama empat bulan terakhir mulai bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021," beber Irjen Fadil.

Sebelum dimusnahkan, sampel narkotika itu lebih dulu menjalani proses pengujian untuk memastikan jika barang bukti itu adalah benar narkotika. Kemudian, narkotika tersebut dimusnahkan menggunakan mesin khusus pemusnah narkotika bernama insiator yang tentunya tidak memiliki dampak apa-apa untuk masyarakat saat proses pemusnahan berlangsung.

"Pengungkapan dilakukan ada sembilan kasus dan tersangka diamankan 24 orang, barang bukti diamankan sabu 217,44 kg, ganja 801,48 kg, ekstasi 18.000 butir, tembakau gorila 1,37 kg," beber Fadil.

Lebih jauh Fadil menyebut narkotika merupakan kejahatan luar biasa dan para pelaku pengedar narkotika kerap memiliki berbagai modus untuk mengedarkan narkotika tersebut. Meski begitu, dia menegaskan pihaknya akan terus memberantas kasus-kasus narkotika.

"Sebagaimana kita ketahui peredaran narkoba masih saja terus terjadi baik yang dilakukan jaringan nasional maupun internasional. Oleh sebab itu dalam rangka mewujudkan Jakarta Zero Narkoba maka Polda Metro Jaya bertekad terus melakukan pengungakapan untuk menuju ke Jakarta Zero Narkoba," pungkas Fadil.(ulis)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama