Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI Menggelar Kompetisi Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA/SMK Se Indonesia

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI  Hendrikus Male, M.Hum. 

JAKARTA (wartamerdeka.info) -  Program  Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta menyelenggarakan Kompetisi Bahasa Inggris bagi siswa SMA/SMK Se Indonesia, dengan tajuk  English Education Department (EED) National Competitions 2021 secara online.

Sebanyak 27 finalis, yang merupakan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas/Kejuruan dari berbagai provinsi di Indonesia, berkompetisi memperebutkan Juara Storyttelling, Speech, dan Musical Poetry dalam kegiatan Final EED National Competitions 2021.

Ketua panitia, Luh Angelianawati, M.Pd., menyatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk aktualisasi kemampuan siswa/i berbahasa Inggris, menciptakan sikap yang positif terhadap new-normal school environtment dari pembelajaran saat ini dalam wujud seni dan kreatifitas positif, yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai media. 

"Kegiatan ini merupakan realisasi dari Visi dan Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang telah terakreditasi A pada Agustus 2020 lalu," ujarnya, hari ini.

Kegiatan ini merupakan puncak kegiatan EED National Competitions 2021 yang telah dimulai sejak 21 Desember 2021 hingga 13 Februari 2021. 

Yang menarik, kegiatan ini diikuti oleh oleh 149 peserta yang berasal dari Sumatera Selatan, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Bengkulu, Riau, Bali, dan Banten.

Ketua panitia, Luh Angelianawati, M.Pd

Dalam proses penyelenggaraannya, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris dilibatkan sebagai panitia. 

Dan pihak Panitia mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam penyelenggaraan kegiatan ini untuk menjangkau siswa-siswi dimanapun berada di seluruh Indonesia, terutamanya Instagram (eed_uki dan eedsa.uki) dan YouTube (EEDUKI Official, FKIP UKI YouTube Channel), serta WhatsApp. 

Para dosen prodi juga dilibatkan sebagai juri untuk semua lomba yang diselenggarakan, sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam kegiatan program studi. 

Pada tahap final, EED National Competitions 2021 dilakukan secara daring  di kanal YouTube dan Zoom yang diikuti oleh semua  finalis yang masuk 10 besar (TOP TEN). 

“Secara nyata kegiatan tersebut memberikan semangat baru kepada semua siswa/i dan semua peserta bahwa meskipun di masa sulit, kompetisi ini dapat berjalan dengan baik.hal ini terlihat dari antusiasme dan semangat dari semua peserta lomba yang luar biasa. Adapun topik-topik yang dibawakan oleh siswa/i sangat menarik dengan pesan moral yang masih sangat relevan dengan kehidupan di masa sulit seperti ini,” ujar Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,  Hendrikus Male, M.Hum. 

Sebagai puncak acara, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,  Hendrikus Male, M.Hum menutup perlombaan dengan mengumumkan pemenang dan pembagian hadiah. Daftar pemenang ke tiga lomba itu adalah sebagai berikut: 

Speech

Juara 1: Samuel Somadibrata, SMAK 1 BPK Penabur Bandung, Jawa Barat

Juara 2: I Putu Wahyu Mahendra Putra, SMKN 4 DENPASAR, Bali 

Juara 3: Kenny Surya Dinata, SMAK ST. Louis 1 Surabaya, Jawa Timur

Juara Favorite: Janise Swaputri Mahemadanda, SMAN 1 WONOGIRI, Jawa Tengah

Storytelling

Juara 1: Elisabeth Felicia, SMA Kolese Loyola, Jawa Tengah

Juara 2: Nuril Fatimah, SMA Nuris Jember, Jawa Timur

Jaura 3: Rosa Melia Maharani, SMAN 1 Sidoarjo, Jawa Timur

Juara Favorite: Nabila Almadina, SMAN 7 SEMARANG, Jawa Tengah

Musical Poetry 

Juara 1: Afini Maulaya, SMA Nuris Jember, Jawa Timur

Juara 2: Amy Syvau Qolbi_SMA Nuris Jember, Jawa Timur

Juara 3: Epafrassani Theresa, SMAN 1 TAMIANG LAYANG, Kalimantan Tengah

Juara Favorite: Angel Levyne, SMK Telkom Bandung, Jawa Barat

Sementara itu Dekan FKIP UKI Jakarta Dr Soenarto MHum menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI tersebut. Dia berharap kegiatan yang positif tersebut bisa rutin digelar secara berkesinambungan. (Aris)

 


1 komentar untuk "Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI Menggelar Kompetisi Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA/SMK Se Indonesia"

  1. Ini lagkah yang bagus dan mesti di kembangkan terus. Berharap kedepan EED UKI bisa mengadakan lomba yang sama dengan skala internasional

    BalasHapus