Pak Yes Launching Gerlam Sesaku, Berharap Lahir Perbup

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Disampaikan berkali-kali oleh Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dalam setiap kesempatan untuk menggiatkan minat baca masyarakat utamanya pelajar di Lamongan. Sebagaimana, fakta data UNESCO menyebut Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah perihal literasi.

Minat baca masyarakat Indonesia yang sangat memprihatinkan ini, hanya 0,001 persen, artinya dari 1.000 orang hanya 1 yang rajin membaca, membuat Pemkab setenpat merasa memiliki andil dalam membangkitkan minat baca masyarakat.

Bertempat di Halaman SMPN 1 Lamongan, Rabu (31/3), Pak Yes, bupati Lamongan meluncurkan Gerlam Sesaku (Gerakan Lamongan Sehari Satu Buku). Mengambil tema mencetak generasi milenial literat menuju Lamongan jaya, peluncuran Gerlam Sesaku ini diawali dengan melihat showcase literat dan mengunjungi stand bazaar UMKM peserta didik, dilanjutkan launching aplikasi ditandai penekanan tombol peresmian dan penandatanganan prasasti.

“Peluncuran Gerlam Sesaku ini, sebuah momen yang luar biasa untuk menggairahkan minat baca anak-anak. Jumlah literasi yang semakin banyak, anak yang semakin suka membaca ini akan berbanding lurus dengan kualitas anak,” tutur Pak Yes..

Bupati berharap, nantinya Gerlam Sesaku ini akan menjadi gerakan yang masif bahwa anak-anak Lamongan siap menghadapi perubahan zaman. Dia mengajak masyarakat untuk mensosialisasikan, mendorong, dan menggairahkan untuk berliterasi.

Pada launching yang diikuti oleh 120 lembaga sekolah secara virtual tersebut, Bupati juga mengajak untuk menggairahkan perpustakaan sekolah dengan memperbanyak buku di perpustakaan agar peserta didik betah membaca dan menjadi lebih baik. 

“Saya optimis, jika tahun depan Indonesia disurvei, saya yakin rangking kita akan naik. Dan gerakan ini adalah sebuah gerakan yang InsyaAllah bukan hanya dari Lamongan untuk Lamongan, tapi gerakan dari Lamongan untuk Indonesia,” jelas Pak Yes.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Adi Suwito pada kesempatan yang sama, berharap Gerlam Sesaku diikuti oleh seluruh sekolah di Lamongan, karena gerakan tersebut juga diluncurkan di beberapa lembaga sekolah yang ada.

“Harapannya setiap anak di Kabupaten Lamongan akan memiliki kesukaan membaca buku. Saya mohon kepada Pak Bupati untuk gerakan ini dibuatkan Perbup, agar nantinya benar-benar bisa dijalankan,” harap Adi Suwito.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama