Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Di Tengah Pandemi COVID-19, PKJB Dan KKJB 2021 Tumbuhkan Harapan UMKM Jabar

KOTA BANDUNG (wartamerdeka.info) -  Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) dan Karya Kreatif Jawa Barat (KKJB) 2021 tidak hanya jadi ruang promosi, tetapi juga menumbuhkan harapan baru bagi pelaku UMKM, khusus di masa pandemi. 

Hal itu dikatakan Istri Plt. Wali Kota Tasikmalaya Rukmini Yusuf saat menghadiri PKJB dan KKJB 2021 di Trans Studio Mall (TSM), Kota Bandung, Minggu (4/4/2021). 

“Kegiatan PKJB dan KKJB 2021 ini membawa semangat baru bagi para UMKM, semoga pameran ini menjadikan mereka lebih semangat dalam berkarya dan produktif," ucap Rukmini. 

"Kalau saya lihat satu per satu, setiap UMKM kabupaten/kota di Jawa Barat mempunyai kelebihan masing-masing (ini menjadi pacuan) untuk memberikan yan terbaik agar selalu memberikan inovasi dan kreatif,” imbuhnya. 

Perwakilan Dekranasda Kabupaten Sumedang Andri Permana menuturkan,  PKJB dan KKJB 2021 dapat memotivasi pelaku UMKM pemula di Kabupaten Sumedang agar dapat tetap berinovasi di masa pandemi.

“Lukisan-lukisan dari perajin pemula saya bawa agar mereka termotivasi untuk terus berkreasi. Selain itu, ada kaligrafi yang dibuat oleh perajin pemula juga. Mereka saya dorong agar termotivasi untuk berkreasi dan kreatif di masa pandemi,” ucap Andri.

Pernyataan senada dikatakan perwakilan Dinas KUKM Kabupaten Sumedang Hari Sobari. Ia menyebut PKJB dan KKJB 2021 sebagai salah satu upaya bagi Kabupaten Sumedang untuk membangkitkan ekonomi di masa pandemi ini.

“Kami sangat membina para UMKM saat pandemi ini. Kami melakukan pelatihan ke lapangan pendampingan. Alhamdulillah,  UMKM kami di Subang sudah mulai bangkit kembali," tuturnya. 

"Bagaimana caranya UMKM bisa bangkit di saat pandemi ini salah satunya dengan program dari Kemenkop dan dari Provinsi Jawa Barat dengan pameran PKJB ini kami sangat diuntungkan sekali UMKM bisa tampil kembali dalam rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia," tambahnya. 

Gelaran PKJB dan KKJB 2021 ini merupakan bagian dari rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI).

PKJB dan KKJB 2021 menampilkan 71 gerai UMKM yang dibagi dalam beberapa titik, 32 gerai UMKM di Atrium Trans Studio Mall (TSM), 28 UMKM di Area Selasar TSM, 10 gerai perbankan dan 1 gerai coffee corner. 

UMKM yang terpilih dalam showcase PKJB dan KKJB adalah UMKM terpilih binaan Bank Indonesia Jawa Barat dan Dekranasda Provinsi Jawa Barat yang sudah melewati proses kurasi. 

Meskipun showcase PKJB dan KKJB 2021 berakhir di tanggal 4 April 2021, masyarakat tetap dapat membeli produk UMKM Jawa Barat (UMKM Jabar) secara online melalui www.karyakreatifjawabarat.com. (tyo)

Posting Komentar untuk "Di Tengah Pandemi COVID-19, PKJB Dan KKJB 2021 Tumbuhkan Harapan UMKM Jabar"