Lawan Narkoba, Rutan Barabai Gelar Razia Bersama Seluruh APH Di Blok Hunian

BARABAI (wartamerdeka.info) - Petugas gabungan yang terdiri dari Polres Hulu Sungai Tengah (HST), Kodim 1002/Barabai, SATPOL PP dan  Badan Narkotika Nasional (BNN) Balangan menggelar pemeriksaan dan penggeledahan, di seluruh kamar sel tahanan di Blok Hunian Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai, Kamis (08/04/2021).

Kegiatan diawali dengan apel bersama di halaman Rutan Kelas IIB Barabai yang melibatkan 52 personel yang terdiri dari 10 anggota Polres HST, 5 orang anggota Kodim 1002/Barabai, 5 orang petugas Satpol PP, 8 orang petugas BNN dan 24 orang petugas Rutan Barabai.

Kepala Rutan Barabai, Gusti Iskandarsyah menyampaikan dalam sambutannya bahwa razia ini dilaksanakan untuk memastikan tidak ada peredaran narkoba yang dikendalikan dari dalam Rutan Kelas IIB Barabai juga dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan, yang jatuh pada 27 April nanti.

"Razia gabungan ini sebagai bentuk sinergitas kami. Jadi kami ingin mengajak Aparat Penegak Hukum di Kab. HST mengetahui kondisi Rutan Barabai secara langsung, walaupun Rutan tertutup tembok tapi Informasi kami buka seluas luasnya" katanya, Selasa (6/4/2021).

Dari seluruh blok hunian tidak ada menemukan handphone ataupun narkoba, namun masih ada barang yang memungkinkan menyebabkan gangguan keamanan diantaranya 52 buah korek Gas, 4 buah besi panjang, 1 buah pisau cutter, 11 buah silet, 47 buah paku, 5 buah pemotong kuku, 6 buah patahan sikat gigi,  ampelas, 1 buah baterai handphone, 2 buah kabel USB, 1 buah kabel listrik, 3 pack kartu domino, 2 buah gelas kaca, 5 buah Sendok Besi, dan 7 buah cermin kaca.

"Seluruh barang hasil razia untuk selanjutnya akan kami buat berita acara pemeriksaannya kemudian akan langsung kami musnahkan," tegas karutan.

Kasat Sabhara Polres HST, IPTU Supriyono mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar kegiatan Razia bersama ini bisa dilaksanakan secara Rutin. "Sebagai bentuk sinergitas bersama semoga giat seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin," katanya.

Kasi Rehabilitasi BNNK Balangan , Arbainsyah, S. Pd mengatakan dari hasil razia yang dilakukan tidak ditemukan alat hisap narkoba maupun narkobanya dalam bentuk apapun, artinya Rutan Barabai telah melaksanakan pengamanan yang cukup baik untuk mencegah peredaran Narkoba didalam Rutan. 

Dalam rangkaian kegiatan juga dilaksanakan Tes Urin bagi Warga Binaan Rutan Barabai yang terindikasi menggunakan narkoba. Dalam hasil pemeriksaan 10 orang WBP yang di tes urinnya tidak ada yang terindikasi menggunakan Narkoba.

"Alhamdulillah dari narapidana yang di tes hasilnya negatif, dari hasil penggeledahan juga tidak ada narkoba, semoga Rutan Barabai selalu bersih dari Narkoba dan Warga Binaan disini bisa mengikuti peraturan yang ada di Rutan ini, terimakasih," pungkas Arbain.(pen)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama