Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 


Bamsoet Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Ephorus HKBP Dr. Soritua Albert Ernst Nababan


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan bela sungkawa dan  berduka cita atas wafatnya Ompu Dr. Soritua Albert Ernst (SAE) Nababan STH, pejuang kebinekaan dan Pancasila. Semasa hidupnya, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Dewan Gereja-Gereja Indonesia (DGI) pada 1967-1984, Ketua Umum Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) pada 1984-1987, serta Ephorus HKBP pada 1987-1998. 

"Beliau juga sering membela kepentingan Indonesia di dunia internasional, melalui lobi gereja-gereja. Sebagai tokoh gerakan oikoumene nasional dan internasional, SAE Nababan gigih memperjuangkan keadilan, sebagai tulang punggung perdamaian," ujar Bamsoet di Jakarta, Minggu (9/5/2021).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, kiprah SAE Nababan tidak bisa dilupakan, khususnya oleh umat Nasrani dan Batak. Ia termasuk salah satu tokoh yang membentuk karakter nasionalisme di kalangan Batak. 

"SAE Nababan termasuk inisiator yang mempertemukan tokoh dan kelompok reformasi, yang akhirnya melahirkan Deklarasi Ciganjur dan mengamanatkan agenda reformasi Indonesia. Berbagai sumbangsih pemikiran beliau bagi gereja dan masyarakat Indonesia terangkum dalam sejumlah khotbah dan tulisannya. Salah satunya dalam buku catatan perjalanan beliau bertajuk 'Selagi Masih Siang', yang telah terbit tahun lalu," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, di tingkat internasional, SAE Nababan pernah menjabat Sekretaris Pemuda Dewan Gereja-Gereja Asia (1963-1967), Presiden Pemuda Dewan Gereja-gereja Asia (1990-1995), Wakil Ketua Komite Sentral Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (1983-1998), Wakil Presiden Federasi Lutheran se-Dunia, dan anggota Komite Eksekutif Federasi Lutheran. Serta Ketua pertama Vereinte Evangelische Mission (United Evangelical Mission), sebuah lembaga misi internasional yang terdiri atas 34 gereja anggota yang tersebar di Afrika, Asia, dan Jerman. 

"Dalam Sidang Raya ke-9 Dewan Gereja-Gereja se-Dunia di Porto Alegre, Brasil pada tahun 2006, Nababan terpilih menjadi salah seorang Presiden dari lembaga persekutuan gereja-gereja sedunia itu yang beranggotakan gereja-gereja Protestan dan Ortodoks. Selamat jalan Ompu SAE Nababan. Kami selalu mengenang jasa-jasamu," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar untuk "Bamsoet Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Mantan Ephorus HKBP Dr. Soritua Albert Ernst Nababan"