Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Prajurit Gardatama Yudha Mendapatkan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik


SAMBAS (wartamerdeka.info) -  Prajurit Gardatama Yudha dan Persit KCK Ranting 5 Yonif 645 mendapat pelatihan pertanian tentang budidaya tanaman hidroponik di Mayonif 645/Gty, Sambas, Kalbar, Rabu (16/6/2021).

Kegiatan penyuluhan pertaninan tanaman hidroponik disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Sambas Drs. H Zainal Abidin, M.M., kemudian dilanjutkan pelatihan langsung dilapangan tentang tata cara budidaya tanaman hidroponik.

Disampaikan oleh Drs. H Zainal Abidin, M.M. bahwa budidaya tanaman hidroponik kini semakin banyak dilakukan orang karena caranya yang amat mudah dan tidak memakan tempat, “Jenis tanaman yang dapat dikembangkan pun cukup bervariasi, mulai dari sayuran hingga buah-buahan,” katanya.

Kebanyakan petani modern saat ini sudah menggunakan teknik ini, karena dianggap lebih hemat lahan. Tanaman hidroponik adalah jenis tanaman yang ditanam selain menggunakan tanah, tetapi diganti dengan air yang berisi nutrisi, sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik dan cepat.

Hasil dari tanaman hidroponik ini tidak kalah sehat dan bergizi, apalagi teknik ini mengutamakan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tumbuhan.

Sementara itu Danyonif 645/Gardatama Yudha, Letkol Inf Khusnun Dwi Putranto menyampaikan bahwa penyuluhan pertanian ini merupakan salah satu progam kerja dalam menghadapi Satgas Pamtas RI-MLY, sehingga dengan adanya penyuluhan yang dilakukan oleh instansi terkait akan memberikan tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi Prajurit dan Persit.

Dia juga menambahkan  bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama seminggu kedepannya sehingga Prajurit dan Persit dapat budidaya tanaman hidroponik dengan baik. Sehingga dapat manfaatkan di pekarangan sekitar rumah untuk budidaya tanaman hidroponik yang hasilnya dapat menambah pendapatan keluarga.

Dalam kegiatan pelatihan  pertanian tentang budidaya tanaman hidroponik di Mayonif 645/Gty, turut hadir Direktur Politeknik Negeri Sambas Mahyus, S.Pd, SE, ME, Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Tenaga Kerja Dinas Drs. H. Arpandi, Kepala UPTD. Balai Latihan Kerja Sambas Riki Chosyikin, S.Psi, Instruktur Pelatihan (Dosen Poltesa) Wilis Widi Wilujeng, SP.MMA, Para Perwira Yonif 645/Gty dan Persit KCK Ranting 5 Yonif 645. (Sumber: Pen Yonif 645/Gty).

Posting Komentar untuk "Prajurit Gardatama Yudha Mendapatkan Pelatihan Budidaya Tanaman Hidroponik"