Catatan Dari Webinar Literasi Digital Lamongan: Persiapkan Diri Songsong Era Digital

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Sebagai key opinion leader dalam Webinar Literasi Digital Lamongan Jawa Timur 2021, Rabu (28/7), Bupati Lamongan Yuhronur Efendi mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menyongsong era digital. 

Bertema Menangkal Arus Buruk di dunia Digital, Pak Yes sebutan bupati Lamongan, mengatakan, meskipun berada dalam situasi pandemi, Lamongan masih bisa bangkit dalam berbagai bidang dengan memanfaatkan dunia digital. 

Ada banyak aplikasi digital di Lamongan, seperti i-Lamongan yang merupakan aplikasi perpustakaan digital, CIRT (Cyber Insiden Respons Team Kabupaten Lamongan) dalam bidang keamanan, Sistem pelayanan perijinan online, POL (Pasar Online Lamongan) yang memudahkan masyarakat berbelanja harian, juga aplikasi pengaduan secara online dengan Lapor Pak.

"Dari setiap masalah itu ada hikmah. Hikmah dibalik covid-19 ini adalah munculnya dunia digital dikalangan masyarakat. Masyarakat mulai terbiasa dengan digital, menggunakan ojek online, belajar dan bekerja di rumah secara online, bahkan olahraga online," ungkap Pak Yes.

Pada kesempatan tersebut, bupati mengajak masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi dunia digital karena perubahan itu pasti terjadi. Beliau mengajak untuk terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan.

"Pada prinsipnya yang ingin saya katakan dunia masa depan adalan dunia digital, mari kita terus memperbaiki diri, semakin memperkaya diri, dan mari kita mengajak masyarakat untuk familiar dengan digital, mempersiapkan diri dengan dunia digital," ajak Pak Yes. 

Pak YES mengungkapkan rencananya untuk membangun ruang/tempat untuk anak muda dalam mengembangkan kreatifitasnya. 

"Saat ini ada Puskom kreatif di Jalan Basuki Rahmat, silahkan anak-anak muda sewaktu-waktu bisa ke sana. Rencananya tahun depan InsyaAllah kalau tidak ada refocusing akan kita bangunkan gedung Co-Working Space sebagai ruang sharinga anak muda," tambahnya.

Webinar Literasi Digital Lamongan Jawa Timur 2021 ini diharapkan mampu memberikan informasi dan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar mampu menghadapi era digital. Turut hadir pula sebagai narasumber dalam acara Rizal Fakhruddin (CEO Mybite) menyampaikan materi kecakapan digital, Bawinda Lestari (Direktur IMComm) dengan materi budaya digital, Vivit Sambas (MAFINDO, Life Coach & Founder Intrans) dengan materi etika digital, dan Muhammad Yusuf Satria (CEO & Co-Founder ESCOTEL) dalam materi keamanan digital.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama