Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Harapan Masyarakat Makin Tinggi, Prof Zudan Ingatkan Jajarannya Bulatkan Semangat "Dukcapil BISA"

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Seluruh instansi kependudukan dan pencatatan sipil (Dukcapil), baik pusat dan daerah, terus berbenah menjawab harapan masyarakat yang kian tinggi setiap harinya.

Untuk itu, Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof. Zudan Arif Fakrulloh, mewanti-wanti jajarannya untuk menyiapkan suatu strategi organisasi yang tepat dalam menyiasati dinamika yang ada.

“Strategi organisasi itu harus terhubung dengan konteks. Di Dukcapil, mau tidak mau kita berhadapan dengan variabel sosial dimana harapan masyarakat terus bertumbuh tinggi setiap harinya,” ujar Zudan kala memberikan arahan di acara Penutupan Pelatihan Adminduk bagi Kepala Dinas dan Plt. Dinas Dukcapil Provinsi dan Kabupaten/Kota, Jumat (16/07/2021).

Inovasi yang ada dan dianggap baik saat ini, lanjut Zudan, belum tentu dianggap baik oleh masyarakat ke depannya sehingga perlu adanya itikad kuat dalam diri ASN Duckapil guna melakukan pembenahan terus menerus.

“Lakukanlah perbaikan terus menerus. Lebih baik kita merasa kurang, namun terus berbenah dari pada merasa cukup namun terjebak di zona nyaman. Mari kita jadikan inovasi sebagai ruh birokrasi,” pesan Zudan.

Untuk itu, Zudan mengingatkan jajarannya untuk menghayati semangat Dukcapil yang terumus dalam jargon ‘Dukcapil BISA’.

“Dukcapil BISA merupakan akronim, yaitu ‘B’ artinya Berkarya, ‘I’ artinya Inisiatif dan Inovatif, ‘S’ artinya Sabar dan Semangat, serta ‘A’ yang artinya Adaptif dan Amanah,” rinci Zudan.

Melalui semangat Dukcapil BISA yang telah terumuskan sejak tahun 2016 ini lah, muncul berbagai inovasi besar Dukcapil, seperti inovasi jemput bola, layanan online, Anjungan Dukcapil Mandiri, hingga Dukcapil Go Digital yang mengoptimalkan tanda tangan elektornik dalam menerbitan dokumen kependudukan.

“Para Kepala Dinas Dukcapil daerah juga tolong lakukan pendekatan manajemen ‘plan-do-check’ secara terus menerus. Upayakan ‘check’ itu sekaligus menjadi evaluasi rutin agar kita mengetahui apakah layanan kita sudah cukup memuaskan masyarakat atau belum,” tutup Zudan. (Ar)

Posting Komentar untuk "Harapan Masyarakat Makin Tinggi, Prof Zudan Ingatkan Jajarannya Bulatkan Semangat "Dukcapil BISA""