Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


Survei Voxpol Center: Jika Pilpres Diadakan Sekarang, Ganjar Pranowo Bisa Jadi Presiden RI

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

JAKARTA (wartamerdeka.info) -- Voxpol Center  merilis survei tentang elektabilitas Capres 2024 (Top Of Mind) mendatang. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bisa menjadi Presiden RI bila pemilihan presiden (Pilpres) diadakan saat ini.

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menjelaskan, metode Top of Mind adalah dengan mengajukan pertanyaan yang selama ini dipahami semua masyarakat dan dilakukan secara spontan.

"Top of Mind ini adalah pertanyaan yang betul-betul selama ini kita pahami semua, spontan yah. Ini menjawab tanpa kita menyodorkan namanya dahulu, ada kartu bantu jadi publik menjawab dengan refleks tanpa menyodorkan nama," kata Pangi Syarwi Chaniago melalui live streaming di Youtube dengan akun Voxpol Center Official, Sabtu (3/7/2021).

Pangi menjelaskan, pertanyaan yang diberikan adalah jika pemilihan presiden dilaksanakan pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih. Hasilnya, Ganjar Pranowo berada di urutan pertama dalam survei tersebut.  Setelah Ganjar Pranowo, ada Joko Widodo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Sandiaga Uno.

"Ganjar Pranowo sebanyak 17,3 persen, Joko Widodo 16,8 persen, Prabowo Subianto 16,5 persen, Anies Rasyid Baswedan 13,7 persen, Sandiaga Uno 8,3 persen, Ridwan Kami 3,9 persen, dan AHY 3,3 persen," tuturnya.

Survei dilakukan selama 10 hari sejak 22 Juni-01 Juli 2021. Metodenya wawancara melalui telepon memanfaatkan database 32.009 nomor handphone yang dimiliki Voxpol Center yang sebelumnya dibentuk dengan metode multistage random sampling memperhatikan proporsionalitas antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di tiap provinsi.

Sampel menjangkau 34 provinsi se-Indonesia yang terdistribusi secara proporsional dari besaran jumlah pemilih. Respondennya 1.200 orang dengan proporsi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan dengan pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling, margin of error sebesar kurang lebih 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (*)

Posting Komentar untuk "Survei Voxpol Center: Jika Pilpres Diadakan Sekarang, Ganjar Pranowo Bisa Jadi Presiden RI"