Bamsoet: Presiden Jokowi Tantang Sean Gelael Berlaga di Kejuaraan Formula E

LOMBOK (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) menuturkan Presiden Joko Widodo berharap agar dalam penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni 2022 di Jakarta, bisa turut diikuti pembalap Indonesia yang menjadi local hero. Presiden Joko Widodo bahkan menantang pembalap muda terbaik Indonesia yang baru saja meraih prestasi runner up (peringkat ke-2) kejuaraan dunia balap ketahanan FIA World Endurance Championship 2021 di Le Mans Prancis dan Bahrein, Sean Gelael untuk berlagak di kejuaraan Formula E. 

"Sebuah tantangan sekaligus peluang bagi Sean untuk bisa kembali mengharumkan nama bangsa melalui Formula E. Sehingga bisa semakin memberikan motivasi kepada generasi muda bangsa agar tidak takut menekuni dunia olahraga balap otomotif. Selain bisa mengharumkan nama bangsa, juga bisa mendapatkan pendapatan materi yang besar. Melalui tebaran inspirasi dari Sean Gelael, kita harap ada generasi bangsa yang bisa menembus Formula-1," ujar Bamsoet usai berbincang dengan Presiden Joko Widodo di sela peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit, di Lombok, Jumat (12/11/2021).

Turut hadir antara lain Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah, Ketua DPRD DKI Jakarta yang juga Badan Pembina IMI Pusat Prasetyo Edi Marsudi, serta pembalap Indonesia peraih runner-up FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers WEC 2021 Sean Gelael. 

Ketua DPR RI ke-20 ini juga mendukung usulan Presiden Jokowi agar Pertamina Mandalika International Street Circuit bisa dikembangkan untuk menggelar kejuaraan bergengsi Formula-1. Melengkapi keberhasilan mendapatkan kontrak 10 tahun (2021-2031) dari Dorna Sport dalam menyelenggarakan kejuaraan motor bergengsi World Superbike, MiniGP dan MotoGP. Sehingga semakin menguatkan posisi Mandalika sebagai kawasan sport autumotive tourism di Indonesia. 

"Untuk bisa menyelenggarakan Formula-1, hanya tinggal membutuhkan beberapa persiapan teknis saja. Salah satu kuncinya, IMI bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai pengelola Pertamina Mandalika International Street Circuit siap membangun komunikasi dengan The Fédération Internationale de l'Automobile/FIA (Federasi Otomotif Internasional), serta perwakilan dari Formula-1. Dengan dukungan kuat dari pemerintahan Presiden Jokowi, rasanya mimpi menghadirkan Formula-1 ke Indonesia bisa segera terwujud di Pertamina Mandalika International Street Circuit," kata Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, secara keseluruhan karakteristik Pertamina Mandalika International Street Circuit sangat cocok digunakan untuk balapan Formula-1. Memiliki panjang lintasan mencapai 4,31 Km, dengan 17 tikungan, aspal yang digunakan juga bukan sembarangan, tetapi pakai tingkat yang mewah dengan sebutan SMA atau Stone Mastic Asphalt. Permukaan aspal sangat rata, kerekatan antar partikel pun tidak berdempetan, sehingga tidak ada yang menumpuk. Teknologi terbaru ini bisa menghemat perawatan. Lebih dari lima tahun tidak perlu dilakukan resurface atau pelapisan ulang. 

"Keunggulan hebat lainnya terletak pada daya cengkram dengan roda yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kecepatan dan kemudahan manuver berkendara pada pengendara. Bahkan lintasan sirkuit dapat digunakan dengan kecepatan puncak hingga 310 kilometer per jam," pungkas Bamsoet. (*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama