DPRD Maluku Tenggara Ke Lamongan Tertarik Pandu Siskamaya

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Produksi ikan yang mencapai 139.547,48 ton di tahun 2020, mengantarkan Kabupaten Lamongan sebagai penghasil ikan terbesar di Jawa Timur menarik perhatian DPRD Kabupaten Maluku Tenggara untuk berkunjung dan melakukan studi terkait pengembangan sektor perikanan tangkap dan budidaya, serta inovasi Pandu Siskamaya (Produk Andalan Usaha Berbasis Ikan Lamongan Jaya), pada Selasa (7/12).

Kedatangan rombongan DPRD Maluku Tenggara yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Albert Efruan diterima Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf di Ruang Rapat Airlangga Sekretariat Daerah setempat.

Diungkapkan Albert, kedatangannya bersama rombongan ke Lamongan ini harus dilakukan mengingat 70 persen wilayah Maluku Tenggara adalah laut dengan potensi ikan yang banyak namun belum dikemas dengan baik, dari segi pengolahan maupun regulasi.

“Pengelolaan perikanan di Lamongan sangat luar biasa sedangkan kami belum makasimal. Kami berkeinginan mempelajari strategi pembangunan sektor perikanan, juga terkait Pandu Siskamaya dan penempatan kawasan di Lamongan,” ungkap Albert.

Disebutkan Pak Rouf potensi di Lamongan cukup besar. Pemkab telah membuat kebijakan-kebijakan strategis membangun berbagai sarana prasarana sesuai potensi alam yang dimiliki. Strategi pertama yakni penentuan branding. Branding dianggap penting sebagai komitmen program, jugamempermudah pemerintah dalam mensosialisasikan kegiatan kepada masyarakat.

“Branding program itu perlu, karena tanpa nama tentu akan sulit untuk mensosialisikan pada masyarakat terkait program tersebut. Selain itu, menemukan positioning daerah juga perlu. Di Kabupaten Lamongan terdapat banyak jenis ikan, ada 30 hingga 40an. Otomatis dengan keadaan seperti ini kita tidak mungkin memilih industri pengalengan karena tidak strategis. Oleh karena itu kita buat unit-unit pengolahan ikan ini. Mengetahui positioning ini perlu diperdalam, untuk membuat kebijakan,” terang Pak Rouf.

Diungkapkan Rouf selain Pandu Siskamaya yang dikembangkan dengan strategi pengolahan mutu, perluasan pemasaran, juga branding. Di Lamongan memiliki 1.238 unit pengolahan ikan. Dengan volume mencapai  89.179,36 ton. Selain itu bidang perikanan Lamongan juga memiliki garam yang saat ini dikelola dengan menggunakan sistem prisma, sehingga meski di musim penghujan pun Lamongan tetap bisa memproduksi garam.

“Saya senang sekali hari ini dapat dikunjungi DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, kami mengucapkan terima kasih. Semoga segala informasi yang diperoleh dari kunjungan kerja ini dapat membawa manfaat bagi Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku,” pungkas Pak Rouf. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama