Bupati Nelson Membuka Lomba Lari 60-100 Meter

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Komite Olah Raga Nasional (KONI) Kabupaten Gorontalo kerjsama dengan Persatuan Atlet Seluruh Indonesia (PASI) melaksanakan lomba lari 60-100 meter tingkat SD & SMP. 

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Jumat (07/01/2022).  

Lomba lari kali ini mengusung tema " Lari Berenergi Raih Prestasi Menuju Kabupaten Gemilang"

Hadir pada kegiatan itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo membuka sekaligus melepas lomba lari di lintasan awal. 

Nelson menyampaikan apresiasi  kolaborasi Dinas Pemuda dan Olah Raga dan KONI Kabupaten Gorontalo yang terus melaksanakan kegiatan keolahragaan di daerah ini. 

Kata Nelson, dalam membangun itu ada dua yang terus digenjot. Yaitu membangun fisik dan non fisik. 

Karena itu kata Nelson, Pemerintah Kabupaten Gorontalo menciptakan sumber daya manusia yang tangguh dan produktif. 

"Tangguh itu otaknya dan fisiknya. Sehingga salah satu ada didiri anak -anak sekolah agar sekolah yang benar sambil berolah raga dan meraih prestasi," ungkap Nelson. 

Bupati dua periode itu mengatakan, dalam rangka menciptakan atlet- atlet handal dan berprestasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo menyedikan serta meningkatkan pengembangan fasilitas olah raga. 

"Jadi, namanya sarana olah raga merata di Kabupaten Gorontalo. Karena di kecamatan ujung seperti Asparaga saja sudah memiliki lapangan yang bagus.Sehingga lahir atlet-atlet dari sana bukan saja di ibukota Limboto tapi dari kecamatan jauh pun lahir atlet-atlet tersebut," ucap Nelson.  

Dari sisi SDM pemerintah Kabupaten Gorontalo melahirkan SMA olah raga. Sehingga jika ada anak-anak yang memperkuat olah raga maka masuklah di SMA olah raga di kabupaten Gorontalo .

Ia pun berharap dalam rangka pembinaan agar antara Dinas Pemuda dan Olah Raga dan KONI mengatur fengan bagus kegiatan olah raganya.

Misalnya kata Nelson, dibagi-bagi penanggungjawabnya ke setiap OPD, seperti bola kaki,volly ball dan bulu tangkis. sehingga jika ada acara mereka langsung yang bertanggungjawab. 

Dia juga minta Dinas Pariwisata dan Olah Raga kolaborasi dengan  Dikbud. Setiap anak anak diharapkan fokus olah raga apa.

"Misalnya lari, maka cabang olah raga lari  itu yang terus diasah dan dipermantap. Juga yang ingin fokus main bola atau voly ball, itu yang terus diasah sehingga anak -anak memiliki kebanggaan dengan olahraga yang dipilihnya,"  harap Nelson. 

Tak hanya itu, Ketua Askab PSSI  Kabupaten Gorontalo itu berharap atlet juga harus ada kegiatan sosial, ada di pramuka dan PMI termasuk harus ada yang tahu nyanyi, musik termasuk menari.

"Kita punya target pada PON 2024  di Aceh dan Sumatra ada atlet kabupaten Gorontalo menjadi perwakilan untuk dikirim kesana. Jadi, jangan kita hebat lapangan saja, tapi juga hebat menjadi juara."

Di tempat yang sama Ketua KONI Kabupaten Gorontalo, Irawan Huntuyungo mengatakan  Koni Kabupaten Gorontalo terus menggalakkan kegiatan keolahragaan. 

Hal ini kata Irawan dalam menunjang kegiatan olah raga di daerah ini. 

Beberapa pekan kemarin juga KONI melaksanakan sejumlah turnament olah raga dengan memanfaatkan fasilitas olah raga di Kabupaten Gorontalo yang merupakan hasil kreatifitas Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Gorontalo. 

"Hari ini juga kami disedikan fasilitas jogging track untuk pelaksanaan lomba atletik. KONI menyampaikan terima kasih atas segala dukungan terhadap pembinaan olah raga di Kabupaten Gorontalo," ujar Irawan. 

Dalam lomba ini KONI ingin  menghadirkan atlet-atlet yang merupakan cikal bakal atlet berprestasi.

"Untuk mendorong dan menciptakan prestasi -prestasi yang luar biasa dimana di Provinsi Gorontalo atlet yang terbanyak justru atlet di Kabupaten Gorontalo. Sehingga dengan hadirnya dukungan fasilitas olah raga ini insya allah menjadikan kabupaten Gorontalo menjadi tolok ukur kegiatan olah raga di  Provinsi Olah raga,"tandasnya. (Irf)

Posting Komentar untuk "Bupati Nelson Membuka Lomba Lari 60-100 Meter "