"Saya harap isu perkotaan yang dirumuskan U20 sejalan dan selaras guna mendukung tema Presidensi G20 Indonesia, yakni 'recover together, recover stronger'," kata Airlangga dalam Bincang "Isu Perkotaan pada Presidensi G20 Indonesia," Rabu (16/2/2022).

Adapun U20 merupakan pertemuan bagi para pemerintah kota di negara anggota G20 yang bertujuan membawa masalah perkotaan ke garis depan agenda G20.

"Saya mengapresiasi Urban 20 sebagai salah satu engagement group G20 yang mengadvokasi aspirasi kota-kota besar di negara anggota G20," imbuhnya.

Forum U20 diharapkan dapat meningkatkan peran kota dalam diplomasi internasional, pembuatan kebijakan, perumusan pesan bersama dengan pendekatan urban atau perkotaan unik yang ditujukan bagi para pemimpin negara anggota G20.

Airlangga juga berharap secara keseluruhan Presidensi G20 Indonesia dapat memberikan semangat baru untuk mewujudkan tatanan dunia yang tidak hanya menyejahterakan warga, tapi juga menjamin keberlanjutan dunia hingga masa mendatang.

Presidensi G20 merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi besar dalam pemulihan ekonomi global dengan partispasi aktif membangun tata kelola dunia yang sehat, adil, berkelanjutan, berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

"Fokus Presidensi G20 adalah penguatan sistem multilateralisme dan kemitraan global yang efektif, guna memastikan perekonomian dunia tetap terbuka, adil, dan saling menguntungkan, serta menjamin tidak ada yang tertinggal khususnya kelompok miskin dan rentan," ucap Airlangga. (An)