Prof Fory Naway: PAUD Holistik Integratif Harus Dilakukan Secara Simultan Dan Sistematis

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan.

Untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak, harus dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah,dan pusat.

"Program PAUD HI mencakup lima layanan, masalah gizi tanggung jawab puskesmas, kesehatan, pendidikan, perlindungan dan pengasuhan," kata Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo, Prof. Fory Naway saat menghadiri Gebyar PAUD HI di Kecamatan Telaga Biru, Kecamatan Tilango dan Kecamatan Telaga, Kamis (31/3/2022). 

Ia menyebut, layanan pendidikan ini tentunya dimulai pendidkan keluarga paling utama. Layanan pendidikan ini pun ada dari jenjang nin formal dan formal. 

Terkait layanan pengasuhan, itu adalah milik orang tua termasuk layanan perlindungan agar anak nyaman dalam belajar dan berkembang.

Perlindungan juga sudah termasuk dari dunas terkait dan sekolah serta dari aparat hukum 

"Anak -anak harus nyaman belajar, dari pemerintah ada dinas P3A, layanan -layanan inilah ada pada kita semua terintegrsi, "ungkapnya. 

Ia pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi guru -guru yang melahirkan anak-anak cerdas mulai dari usia dini.

Karena memang, tujuan PAUD Holistik Integratif, secara umum adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

"Pelaksanaan PAUD HI dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif," tandasnya. (Irf)

Posting Komentar untuk "Prof Fory Naway: PAUD Holistik Integratif Harus Dilakukan Secara Simultan Dan Sistematis"