Kemdagri Apresiasi Bupati Sleman Yang Efektifkan Layanan Adminduk Dengan 11 ADM

SLEMAN (wartamerdeka.info) - Pelayanan publik tetap dibutuhkan masyarakat di mana pun dan kapan pun, termasuk di hari libur lebaran saat ini.

Itu sebabnya, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, memantau langsung pelayanan administrasi kependudukan di berbagai kantor Dinas Dukcapil daerah.

Kunjungan selama libur lebaran dimulai sejak Rabu (44/5/2022) kemarin ke Disdukcapil Kota Madiun, Jawa Timur. Berlanjut Kamis (5/5/2022) hari ini ke DisdukCapil Surakarta, Klaten dan Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman. 

Di Sleman, pantuan Dirjen Zudan didampingi Bupati Kustini Purnomo.

Kepada Pemkab Sleman yang tetap memberi layanan Adminduk kepada masyarakat saat libur cuti bersama Idul Fitri 2022, Zudan mengaku ini membuat surprised  dirinya dan ia pun menyampaikan apresiasi yang tinggi apalagi Sleman mengefektifkan layanan Adminduk dengan 11 Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). 

"Saya menyampaikan terima kasih karena Kabupaten Sleman tetap memberi pelayanan kependudukan saat libur, ini penting karena banyak masyarakat yang meluangkan waktu untuk mengurus administrasi kependudukan saat libur seperti ini dan tersedianya 11 ADM di Kab Sleman," kata Zudan.

Menurut Dirjen Zudan buka pelayanan di hari libur sangat membutuhkan dedikasi. "Ini cocok dengan arahan Mendagri Pak Tito Karnavian untuk proaktif melayani dan beri layanan terbaik, termasuk di hari libur," kata Dirjen Zudan. 

Zudan turut mengapresiasi mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang saat ini sudah ada 11 unit di beberapa kapanewon atau kecamatan di Kabupaten Sleman. 

"Semuanya efektif dipakai. Tadi saya menyaksikan warga mencetak KK di mesin ADM. Dengan adanya ADM, masyarakat makin mudah mendapat pelayanan administrasi kependudukan," kata Dirjen Zudan.

Bupati Sleman Kustini Purnomo menyampaikan, pelayanan adminduk di Sleman tetap dilaksanakan. "Saya sudah menerbitkan Surat Edaran Bupati tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Selama Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 2022.

Kustini menegaskan, sesuai edaran selama libur cuti beberapa perangkat daerah tetap melakukan pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Termasuk, untuk layanan capil dan kapanewon terkait pelayanan administrasi kependudukan.

"Pelayanan adminduk di Dinas Dukcapil dan kapanewon Kabupaten Sleman dibuka hari Rabu hingga Jumat, 4-6 Mei 2022, pukul 08.30-11.30 WIB," ujar Kustini.  (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama