Jenderal bintang empat tersebut meninjau langsung pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) contraflow jalan tol dalam menghadapi arus balik Lebaran di Tol Cikampek KM 28, Jumat.

Polri secara resmi telah memberlakukan rekayasa lalu lintas sistem satu arah mulai pukul 14.00 WIB dari KM 414 Kalikangkung Semarang hingga KM 47 Tol Cikampek, kemudian menerapkan contraflow hingga KM 28. Rekayasa lalu lintas ini dijadwalkan mulai  6 hingga 8 Mei 2022.

Dalam peninjauan di ruas lajur terakhir contraflow tersebut, Sigit berdiskusi dengan personel kepolisian lalu lintas. Pada kesempatan ini, Kapolri memberikan pengarahan kepada jajaran yang bertugas di lapangan untuk mewujudkan arus balik yang aman dan lancar.

"Tolong dipastikan pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini berjalan dengan optimal. Ikuti segala perkembangan yang ada. Selamat bertugas, ciptakan arus balik yang aman dan lancar bagi seluruh masyarakat," kata Sigit yang dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Sementara itu, di titik yang ditinjau tersebut, terpantau saat ini lalu lintas arus balik Lebaran 2022 masih dalam kondisi terkendali atau ramai lancar. Masyarakat yang melintas juga taat dan disiplin mengikuti instruksi serta rambu-rambu.

Personel kepolisian yang bertugas juga terus melakukan penjagaan sepanjang waktu atau 1 x  24 jam penuh, mengarahkan seluruh pengendara yang melintas titik terakhir lajur contraflow tersebut.

Ketika meninjau arus balik di Pos Pengamanan Halim KM 3+500, Kapolri telah menginstruksikan seluruh personel kepolisian untuk memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat.

Semua upaya dan strategi tersebut, kata Sigit, demi memberikan situasi yang aman dan lancar kepada masyarakat yang kembali pulang usai merayakan Lebaran bersama keluarganya di kampung halaman.

"Tentunya seluruh anggota akan bersiap di lapangan dan melakukan evaluasi-evaluasi. Dengan demikian, proses arus balik yang saat ini sudah mulai berjalan, bahkan mulai tadi malam, semuanya bisa berjalan dengan aman dan lancar," kata Kapolri. (An)