Moeldoko Dan Ganjar Pasangan Capres Tersembunyi Di Hati Jokowi

Oleh: Saiful Huda Ems (SHE)

(Lawyer dan Pemerhati Politik)

Melihat isi hati seseorang itu memang tidaklah mudah, apalagi hati ini hati seorang presiden kharismatik yang dicintai jutaan rakyatnya. Namun sebagai sesama orang Jawa yang sudah akrab dengan bahasa-bahasa tubuh sebagai penterjemah pikiran dan perasaan hati seseorang, saya yakin banyak dari orang seperti kami yang bisa dengan mudah menerka-nerkanya, hingga nyaris mendekati kenyataan. 

Sangat menarik untuk dicermati di acara Rakernas organisasi relawan Projo, Presiden Jokowi dihadapan ribuan hadirin dengan jelas mengatakan, bahwa mungkin yang akan diusung jadi Presiden orangnya ada disini. Saat itu semua hadirin mengatakan Ganjar, namun ternyata banyak orang lupa, atau belum mengerti, bahwa ternyata di ruangan tempat acara rakernas itu ada juga seorang tokoh nasional yang juga sangat dekat dengan Presiden Jokowi, dan hampir tiap saat selalu menemani kunjungan Presiden Jokowi ke beberapa daerah.  

Beliau merupakan tokoh politik nasional yang dalam lembaga survei nasional, telah menempatkannya sebagai tokoh yang masuk dalam 10 besar Capres RI 2024 yang memiliki elektabilitas tinggi, beliaulah yang bernama Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Moeldoko. 

Moeldoko yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Presiden RI., juga merupakan seorang Dewan Pembina Projo. Bahkan Moeldokolah yang naik ke panggung saat Jokowi membuka Rakernas Projo tersebut.

Tak hanya sampai disitu, pada sebuah acara panen dan tanam sorgum beberapa hari yang lalu di Desa Laipori, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Moeldoko yang elektabilitasnya dalam beberapa lembaga survei nasional kian meningkat berkat pengalamannya di Militer dan birokrasi itu, berinisiatif mengundang Presiden Jokowi dan Presiden Jokowi pun menyetujui untuk hadir serta bersedia memberikan sambutan yang menggugah hati para petani sorgum. 

Dari foto-foto Presiden Jokowi dan Kepala Staf Presiden, yakni Dr. Moeldoko, terlihat betapa akrab dan mesranya kedua tokoh nasional ini selama disana, dan dimanapun beliau berdua berjumpa.

Ganjar Pranowo Gubernur Provinsi Jawa Tengah itu memang telah mencapai angka tertinggi dalam beberapa lembaga survei Nasional, hingga nyaris menembus angka 30 % dari sisi elektabilitasnya. 

Charta Politika misalnya, telah merilis survei elektabilitas Ganjar di angka 29,2 %,  lalu Indikator Politik 26,7 %, serta Populis 24 %. Sementara Moeldoko dari yang awalnya tidak terlalu diperhitungkan, tiba-tiba melesat masuk 10 besar Capres RI berkat pemahaman masyarakat yang semakin hari semakin mengenal Moeldoko sebagai sosok politisi nasional yang energik, ramah, nyantri dan sangat berpengalaman, serta memiliki berbagai prestasi di bidang kemiliteran dan pendidikan. 

Sinyal pernyataan dukungan Presiden Jokowi untuk kedua tokoh hebat ini (Moeldoko dan Ganjar) sebagai pasangan Capres-Cawapres 2024 sangatlah jelas, cetho welo-welo, yang menampakkan perpaduan Militer-Sipil atau Sipil-Militer. Dan ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Presiden Jokowi, bukanlah hanya muncul dari keinginan Presiden Jokowi belaka, melainkan juga merupakan hasil dari pendengaran beliau dari aspirasi yang tengah berkembang di tengah masyarakat atau organ-organ relawan, meskipun Presiden Jokowi tidak pernah menyebut secara nyata siapa nama Capres-Cawapres yang dimaksudkannya...(SHE).

Sabtu, 4 Juni 2022.


Posting Komentar untuk "Moeldoko Dan Ganjar Pasangan Capres Tersembunyi Di Hati Jokowi"