4 Tahun Berturut-turut Ditjen Dukcapil Kemendagri Raih Penghargaan Inovasi Terpuji Top 45 KIPP Kemen-PAN-RB

Tahun 2022 Ini, Inovasi Juwita-NG Raih Top Inovasi Pelayanan Publik

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Rangkaian ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah usai. 

Ditandai dengan diumumkannya Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Tahun 2022, yang disaring dengan sangat ketat oleh Tim Panel Independen dari 3.478 proposal inovasi yang terdaftar pada KIPP.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Zudan Arif Fakrulloh tak bosan-bosannya mendorong jajaran Dukcapil di mana pun berada untuk terus menelurkan inovasi baru. 

"Sebab, inovasi tersebut pasti akan berdampak positif bagi kemudahan dan kualitas pelayanan adminduk di masyarakat," kata Dirjen Zudan, Kamis (28/7/2022).

"Selalu ikut sertakan inovasi teman-teman semua ke ajang KIPP. Bila tahun ini belum berhasil menang, ikut lagi tahun depan dengan berbagai pengembangan," lanjut Dirjen Zudan.

Dalam ajang KIPP 2022 untuk klaster kementerian, Top 45 Inovasi Pelayanan Publik diraih oleh Kementerian Dalam Negeri melalui inovasi Juwita-NG: The Next Generation Of Data Utilization In Public Services.

Juwita-NG merupakan pengembangan inovasi 'Si Juwita' (Pemanfaatan Data Kependudukan Terintegrasi secara Online untuk Mewujudkan Single Identity Number) yang pada 2019 meraih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. 

Bersamaan waktunya pada ajang KIPP 2019, Dukcapil pun meraih penghargaan Top 45 berkat inovasi 'Supertajam' (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak [SPTJM] Sebagai Solusi dalam Pelayanan Penerbitan Akta Kelahiran).

Setahun berselang, pada 2020 inovasi i-Pop meraih penghargaan Top 99 KIPP KemenPAN-RB. Selanjutnya 2021: inovasi Juwita-NG lolos pada kategori umum pada ajang KIPP Kementerian PAN-RB.

Seterusnya secara berturut-turut setiap tahun, inovasi i-POP EXO yang tak lain pengembangan inovasi i-Pop, meraih penghargaan kategori khusus ajang KIPP Kementerian PAN-RB pada 2021.

Hingga 2022 berbagai inovasi Ditjen Dukcapil Kemendagri bolak balik mengukir penghargaan bergengsi ini. Terakhir, inovasi i-POP meraih penghargaan Top 45 dalam ajang yang sama.  

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut merasakan gembira dan bangga pada kinerja Ditjen Dukcapil Kemendagri. Sebab, menurut Mendagri Tito setiap tahun Dukcapil selalu masuk penghargaan Inovasi Terpuji Pelayanan Publik  Top 45 dalam ajang KIPP yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB. (A)

1 komentar untuk "4 Tahun Berturut-turut Ditjen Dukcapil Kemendagri Raih Penghargaan Inovasi Terpuji Top 45 KIPP Kemen-PAN-RB"

  1. Selalu menang terus tiap tahunnya, namun yg kerja di lapangan itu honor semua, apakah mendagri dan dirjen bisa berikan penghargaan kepada para pekerja yg honor menjadi ASN, yg punya media sampaikan ke mendagri dan dirjen dukcapil...

    BalasHapus