Duta Besar RI Untuk Panama City Disambut Asephi Di Ruang Sostrokartono Setda Jepara

JEPARA (wartamerdeka.info) - Jajaran pengurus Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) Jepara, di ruang Sosrokartono Setda Kabupaten Jepara, menyambut kedatangan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (dubes LBBP RI) Sukmo Harsono, Jum'at (1/7/2022).

Sukmo merupakan Dubes Republik Indonesia untuk Panama City (KBRI Panama City) merangkap Honduras, Kosta Rica, dan Nikaragua pada 14 September 2020 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Sebagai perwakilan Indonesia, Duta Besar atau secara resmi disebut Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) memiliki setidaknya lima tugas penting yaitu menghadirkan, melindungi, bernegosiasi, melaporkan dan mempromosikan.

Sukmo Harsono Dubes RI, didampingi oleh Edy Supriyanta Pj Bupati Jepara, Edy Sujatmiko Sekda Kabupaten Jepara, H. Sa'dullah Assa'idi Rektor Unisnu Jepara dan Andang Wahyu Triyanto Anggota DPRD Provinsi Jateng, Zamroni Lestiaza dan Abdul Haris Noor BPC Asephi Jepara, nampak juga para pengusaha dan pelaku bisnis dari Kadin Jepara, saat pertemuan di ruang rapat Sosrokartono, Jum'at (1/7/2022).

Pengurus Asephi Kabupaten Jepara, melalui Kibtiyah Plt. Ketua BPC Asephi Jepara dan didampingi oleh Bowo Sulistyono menerangkan bahwa kedatangan Dubes dari KBRI Panama City Sukmo Harsono adalah untuk memperkenalkan potensi dagang bagi pelaku industri mebel dan home decor serta kain troso dari Kabupaten Jepara. 

Sukmo Harsono, memaparkan dalam Dialog Bisnis tentang potensi dagang di Panama City. 

"KBRI Panama City, meminta kepada Pemkab Jepara untuk bisa memfasilitasi pameran dagang di sana, mengingat potensi bisnis disana sangat besar, khususnya produk furniture dan home decor," paparnya. 

"Disana kami melepaskan jabatan sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh,  menjadi Duta Sales Penuh," ungkap Sukmo Harsono. 

"Kami mempromosikan produk-produk Indonesia melalui Laptop, Flashdisk dan Brosur, sehingga mereka antusias untuk membeli Produk-produk Indonesia," ungkapnya. 

Kibtiyah yang juga Wakil Ketua KADIN Kota Jepara Bidang Ekonomi Kreatif, Managing Director CV. Kibtih Furniture, Ketua Asephi BPC Jepara, serta Ketua LSP SBD Kriya Ukir Jepara, menjelaskan tentang kunjungan ini.

Dia mohon KBRI Panama City bisa melaksanakan pameran dagang dengan melibatkan pameran seni dan  budaya meliputi seni tari dan kearifan lokal lainnya.

"Termasuk menyajikan kuliner khas Jepara yaitu Pindang Srani serta oleh oleh khas Jepara juga," ucap Kibtiyah.

PJ Bupati Jepara Edy Supriyanta mengucapkan terima kasih kepada Sukmo selaku Duta besar RI untuk Panama dan diakhiri dengan memberikan cinderamata serta foto bersama.

(Hani)

Posting Komentar untuk "Duta Besar RI Untuk Panama City Disambut Asephi Di Ruang Sostrokartono Setda Jepara"