80 Tahun SMA 3 Padmanaba, Berlimpah Acara Wujud 'Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari’

YOGYAKARTA (wartamerdeka.info) - Siapa tak kenal SMAN 3 Yogyakarta? Salah satu sekolah favorit di Kota Gudeg ini oleh banyak kalangan lebih dikenal dengan nama Padmanaba. 

Kini usianya genap berusia 80 tahun pada Senin (19/9/2022). Sekaligus pula menggelar Lustrum ke-16 bertema 'Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari’, diisi dengan banyak sekali kegiatan yang melibatkan siswa, alumni, dan guru.

Yang menarik, pada puncak rangkaian acara Lustrum XVI Padmanaba diresmikan Gedung Grha Padmanaba pada Sabtu, 17 September 2022. Bangunan 7 lantai itu merupakan persembahan para alumni untuk SMAN 3 Yogyakarta.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof. Muhadjir Effendy.

Ketua Umum Keluarga Besar Alumni (KBA) Padmanaba, Dr Hendri Saparini mengatakan, tema besar 'Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari’ diambil sebagai bentuk ikhtiar dari alumni Padmanaba untuk berbagi kepada masyarakat.

Ekonom senior dan pendiri Core Indonesia tersebut mengatakan, Lustrum kali ini digelar melibatkan alumni seluruh angkatan.

"Kami berupaya menunjukkan bahwa para alumni tetap peduli dengan sekolahnya dan masyarakat yang membutuhkan," ujar Hendri.

Sedangkan Ketua Umum Lustrum ke-16 Padmanaba, Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, berupa-rupa acara berbagi sudah digelar sejak jauh hari dan terus beriringan hingga puncak acara.

Bahkan, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri ini menambahkan, sejak 26 Juni 2022 telah diadakan sunatan massal bagi 80 anak di Bantul.

Disusul berbagi kebahagiaan berupa wisata untuk 80 guru, dan karyawan Padmanaba pada 23 Juli 2022.

“Pada 15 Agustus 2022 kami mengadakan pemeriksaan mata gratis untuk 80 anak," jelasnya.

Kegiatan Grha Sehat Padmanaba merupakan kolaborasi alumni di bidang kedokteran dan kesehatan. Bertujuan membantu seluruh keluarga besar Padmanaba dan masyarakat Yogyakarta yang membutuhkan konsultasi medis.

Selanjutnya pada Sabtu, 10 September 2022, diselenggarakan skrining operasi katarak untuk masyarakat umum secara gratis. Ini pun dilakukan tim alumni Padmanaba, bekerja sama dengan tim dokter mata RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, di lantai dasar Grha Padmanaba.

Besoknya, Ahad, 11 September 2022, diselenggarakan donor darah untuk masyarakat umum dan penggiat donor darah bekerja sama dengan PMI Yogyakarta. Acara mulai pukul 09.00 di lantai 1 Grha Padmanaba, Jalan Yos Sudarso 1, Kotabaru Yogyakarta.

Ternyata tidak selesai sampai di situ. Selama lima hari berturut-turut, 12-16 September 2022, empat dokter umum, 10 dokter spesialis berkolaborasi melayani konsultasi dokter dan fisioterapi gratis lengkap dengan fasilitas fisioterapi. Mereka secara bergantian sesuai jadwal yang ditentukan siap membantu masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan. Siapa saja dapat langsung datang cukup dengan membawa KTP.

Ketua Bidang 1 KBA Padmanaba, Triyanto juga merinci, sejumlah rangkaian acara berbagi lain sudah digelar seperti berbagi pengalaman Sukses dengan 8 Cara Berbeda (26 Agustus 2022), dan Seminar Psikologi Persiapan Ujian Masuk PTN (10 September 2022).

Dalam bidang lingkungan, Padmanaba berbagi air bersih dengan pembuatan sumur bor di Kulonprogo, pada 31 Agustus 2022.

Bantuan air bersih dilakukan karena warga Jetis, Kelurahan Pagerharjo, Kapanewon Samigaluh, Kulonprogo sangat membutuhkan. Terutama sumber air bersih. Giat tersebut dikoordinir oleh Tri Herwan Panuju.

“Selama ini mereka mendapatkan air dari sungai yang disedot dengan pompa secara kolektif atau mereka mengambil dari mata air dengan cara dipikul. Target awal bantuan air bersih akan melayani 70 KK. Tahap berikutnya 250 KK," ujarnya.

Lebih lanjut, Triyanto menambahkan, 21 kelas Padmanaba melakukan aksi sosial berbagi sembako ke 21 panti asuhan.

Pada 17 September 2022 diselenggarakan acara secara simultan, yakni Bike to Share, bersepeda sambil berbagi, operasi katarak gratis bagi 80 pasien, lomba antarkelas diikuti siswa Padmanaba.

Kemudian juga ada Padmanaba Golf, duel antar-angkatan Part II dan Padmanaba Bazar UMKM.

Selain itu juga dibagikan 77 Kursi Roda untuk penyandang disabilitas di DIY kerjasama dengan Kemensos.

Juga dibagikan 8 ton beras untuk 21 panti di DIY, pesantren di Jabar dan NTB.

Untuk persiapan pemilu dan pemberian identitas digital kependudukan, selama 3 hari yi tanggal 16,17,18 diadakan jemput bola di SMA 3 Yogyakarta. Para siswa sangat antusias dan sangat senang mendapatkan ktp el. 

Pada 18 September 2022 digelar Padmanaba Run, Padmataya (flashmob Padmanaba), Munas dan pemilihan Ketua KBA Padmanaba, tasyakuran serta upacara bendera. Pokoknya, wow deh sumbangsih alumni kepada almamater SMAN 3 Yogyakarta. (A)

Posting Komentar untuk "80 Tahun SMA 3 Padmanaba, Berlimpah Acara Wujud 'Mengabdi Tiada Henti, Berbagi Setiap Hari’"