Didaulat Sebagai Pemateri Bimtek PPRG, Prof. Fory Naway Paparkan Peran Perempuan Sebagai Tiang Negara

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Gorontalo Prof. Fory Armin Naway mengatakan, kaum perempuan di manapun, dapat disebut sebagai “Tiang Negara” yang memiliki peran penting dan strategis, baik  bagi keluarga, daerah maupun  bagi kehidupan  berbangsa dan bernegara. 

Karena peran pentingnya itulah, maka gerakan kesetaraan gender yang menekankan pada aspek pemberdayaan kaum perempuan, menjadi sisi lain yang perlu menjadi perhatian, baik oleh kaum perempuan itu sendiri dan elemen pemerintah. 

Hal itu dikatakan Guru Besar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo ini, saat didaulat menjadi Pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) tingkat Kab. Gorontalo tahun 2022 yang berlangsung di Hotel Aston Manado, Kamis (8/9) lalu. 

Menurut Prof. Fory Armin Naway, kaum Perempuan memiliki 2 dimensi tugas yang cukup berat, yakni di satu sisi mengemban tugas sebagai ibu rumah tangga yang tidak hanya mengurus berbagai aspek kehidupan ke-rumah tangga-an, mengurus  suami dan anak-anak, tapi juga memiliki tanggung jawab sebagai pendidik pertama bagi anak-anaknya. 

Di sisi yang lain, kaum perempuan, juga memiliki tuntutan peran  dan tanggung jawab, sebagai anggota masyarakat yang dinilai sangat potensial  dan berkemampuan untuk berperan dan berkontribusi di semua sektor kehidupan di tengah-tengah masyarakat.

Dijelaskannya, dalam kehidupan rumah tangga, seorang Ibu adalah pendidik pertama bagi anak-anaknya, yang dengan penuh ketelatenan mengasuh, mengarahkan, membimbing dan mengasah kemampuan psikomotorik  anak yang nantinya sangat berpengaruh terhadap kualitas anak ketika dewasa nanti. 

Menurut Ketua PGRI Kab. Gorontalo ini, kaum perempuan dalam realitasnya, juga dianugerahi kemampuan dan kapasitas untuk berperan, berkarya dan berkiprah  dalam semua aspek kehidupan 

Baik di lingkungan pemerintahanan, partai politik, di perusahaan swasta, di lembaga-lembaga negara, organisasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan dan organisasi lainnya yang membutuhkan sentuhan lembut tangan seorang perempuan.  

Dari perannya yang demikian strategis itu, menurut Prof. Fory Armin Naway, kaum Perempuan dapat disebut sebagai “Tiang Negara” yang memiliki peran ganda sebagai pilar penting yang memiliki kekuatan untuk menopang konstruksi bangunan kebangsaan dalam menghadapi tantangan demi tantangan zaman.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari kaum perempuan Gorontalo, Prof. Fory Armin Naway mengharapkan agar Pemerintah di semua tingkatan, saat ini dan ke depan lebih meningkatkan perhatian pada pemberdayaan kepada kaum perempuan. 

Menurutnya, jika kaum perempuan cerdas, berdaya dan berkualitas, maka kelak akan melahirkan dan mengorbitkan anak-anak bangsa yang cerdas dan berkualitas pula.  

Manifestasi dan bentuk perhatian itu, tandas Ketua Dekranasda Kab. Gorontalo ini, dapat diwujudkan melalui upaya mengorbitkan  program dan kebijakan yang berbasis gender, baik di tingkatan pemerintahan pusat, pemerintah provinsi, Kabupaten dan Kota serta pemerintahan kecamatan dan desa.  

Di bagian lain, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Gorontalo ini menyampaikan apresiasinya terhadap  upaya Pemeirntah Kab. Gorontalo yang selama ini memberikan perhatian khusus terhadap pemberdayaan kaum perempuan di daerah ini.

Termasuk mengarahkan perencanaan pembangunan dan penganggaran responsif gender.

Posting Komentar untuk "Didaulat Sebagai Pemateri Bimtek PPRG, Prof. Fory Naway Paparkan Peran Perempuan Sebagai Tiang Negara"